Diseminasi Literasi Lingkungan Bagi Generasi Muda Menggunakan E-Book Interaktif

  • Sadewa Purba Sejati Universitas Amikom Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Literasi lingkungan, Geospasial, E Book, Interaktif

Abstract

Smartphone marak digunakan generasi muda pada era teknologi 4.0 saat ini. Minimnya pengetahuan tentang aplikasi untuk mempelajari kondisi lingkungan mengakibatkan smartphone digunakan untuk hiburan semata. Sumber literasi bagi generasi muda perlu dilengkapi dengan pengetahuan digital yang berkaitan dengan kondisi lingkungan. Berdasarkan analisis situasi, maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk mengenalkan teknologi geospasial sebagai sumber digital literasi lingkungan. Mitra pengabdian kepada masyarakat adalah organisasi pemuda dan pemudi di dusun Kertodadi, Pakembinangun, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.  Metode yang digunakan adalah knowledge transfer atau berbagai pengetahuan tentang teknologi geospasial literasi kondisi lingkungan. E-book interaktif disusun sebagai media knowledge transfer yang memuat substansi literasi kondisi lingkungan. E-book dapat diakses melalui link https://online.flipbuilder.com/fgmvl/rhnf/. Berdasarkan hasil yang telah dicapai, substansi literasi lingkungan dalam teknologi geospasial yang disajikan melalui e-book interaktif mampu meningkatkan pengetahuan generasi muda tentang kondisi lingkungan. Integrasi antara smartphone, teknologi geospasial, dan e-book mampu digunakan untuk menyajikan informasi lingkungan secara interaktif dan menarik, sehingga substansi yang disampaikan dapat dipahami dengan mudah. Diseminasi literasi lingkungan berbasis e-book interaktif dapat dilakukan untuk lintas generasi, misalnya generasi usia dini atau usia lanjut dengan melakukan modifikasi substansi materi yang disajikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adaktylou, N. E., Landenberger, R. E., Czajkowski, K. P., Liu, P., Hedley, M. L., & Struble, J. (2018). Using Geospatial Technology to Enhance Science Teaching and Learning : A Case Study for ‘SATELLITES’ Geo-science Program. International Journal of Environmental & Science Education, 13(7), 605–621.

Asfia, Y., Aini, N., & Hadijah, I. (2021). Pemahaman Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Busana Pada Penggunaan Sistem Informasi Akademik. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Asrowi, Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The impact of using the interactive e-book on students’ learning outcomes. International Journal of Instruction, 12(2), 709–722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a

Çırakoğlu, N., Toksoy, S. E., & Reisoğlu, İ. (2022). Designing, Developing, and Evaluating an Interactive E-Book Based on the Predict-Observe-Explain (POE) Method. Journal of Formative Design in Learning, 6(2), 95–112. https://doi.org/10.1007/s41686-022-00071-3

Demeuov, A., Tilekova, Z., Tokpanov, Y., Hanchuk, O., Panteleeva, N., & Varfolomyeyeva, I. (2021). Use of GIS technology in geographical education. E3S Web of Conferences, 280, 1–7. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202128011010

Emalia, I., & Indihadi, D. (2017). Penggunaan Media Google Earth dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi. Pedadidadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 90–98.

Fanariotis, A., & Papathanasiou, T. (2015). The Use of Geographic Information Systems ( GIS ) in Environmental Education and Awareness : The Case of Hiking Trails in the Island of Karpathos-Saria Cluster. 7th International Conference on Information Communication Technologies in Agriculture, Food and Environment (HAICTA 2015), 333–340. Kavala, Greece.

Fathoni, M. I., & Marpanaji, E. (2018). Pengembangan e-book interaktif mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk SMK kelas X. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 70–81. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.17149

Fauziyah, D. N., & Anistyasari, Y. (2020). Studi Literatur Pengaruh Implementasi Media E-Book Terhadap Motivasi Belajar Dan Respon Siswa Pada Pendidikan Tinggi. Jurnal IT-EDU, 05(1), 406–416.

Harmuningsih, D., & Saleky, S. R. J. (2019). Pengetahuan, Persepsi dan Sikap Generasi Muda Tentang Perubahan Iklim dan Pengaruhnya Terhadap Niat Perilaku Pro-Lingkungan. SPECTA Journal of Technology, 1(3), 27–36. https://doi.org/10.35718/specta.v1i3.84

Islami, N. (2018a). Demonstration of the Google Earth as a Tool in Learning the Earth Physics. Journal of Educational Sciences, 2(2), 66–73.

Islami, N. (2018b). The use of google earth as the learning media in geosciences education. Journal of Educational Sciences, 2(1), 56–63.

Jantakat, Y. (2020). Teaching Experiences, Pedagogies, Practices and Praxes on the Subject of Applied Geo-Information System Technology. The IAFOR International Conference on Education, (March), 1–14. Hawaii.

Kusumastuti, F. A. (2020). Pengaruh Integrasi E-Book Interaktif pada Kegiatan Belajar Mengajar Sains. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 83–88. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6063

Mujib, M. A., & Indartin, T. R. D. (2017). Pemanfaatan Teknologi Geospasial dalam Pembelajaran IPS untuk Pengenalan Pulau-Pulau Kecil Terluar Sebagai Kawasan Perbatasan Laut Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pengelolaan Potensi Maritim Indonesia, (1), 99–110. Surabaya: Pendidikan Geografi, FISH Universitas Negeri Surabaya.

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humanika, 21(2), 151–172. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252

Parra, L. (2022). Remote Sensing and GIS in Environmental Monitoring. Applied Sciences (Switzerland), 12(16), 1–8. https://doi.org/10.3390/app12168045

Putra, A. L., Kasdi, A., & Subroto, W. T. (2019). Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku di Sekolah Dasar. Jurnal Revied Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pnedidikan Dan Hasil Penelitian, 5(3).

Ridha, S., Utaya, S., Bachri, S., & Handoyo, B. (2017). Penggunaan Teknologi Geospasial dalam Pembelajaran Geografi untuk Menumbuhkan Kemampuan Overlay Peta: Penerapan pada Program Full Day School di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Penerapan Full Day School Dalam Perspektif (Manajemen, Karakter, Religi, Kultural, Dan Sosial), 410–429. Malang: Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sejati, S. P., Rosaji, F. S. C., Permatasari, A. L., Nucifera, F., Suherningtyas, I. A., Kusnawi, … Sekarsih, F. N. (2021). Teknologi Geospasial Sebagai Media Pembelajaran Geografi di Lingkungan Sekolah Tingkat Menengah. Geomedia:Majalah Ilmiah Dan Informasi Kegeografian, 19(1), 15–25.

Sianturi, A. S. R., Retnoningsih, A., & Ridlo, S. (2021). Development of Interactive E-Book of Ferns Materials Through a Scientific Approach With HOTS Problems to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Innovative Science Education, 10(3), 230–236.

Sukron, A., Turmudi, M., Sukron, M. A., & Turmudi, M. (2019). Penggunaan Media Peta Berbasis Google Earth Di MIN 2 Kota Kediri. El Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1, 39–53. https://doi.org/https://doi.org/10.33367/jiee.v1i2.892

Wise, N. (2019). Assessing the use of geospatial technologies in higher education teaching. European Journal of Geography, 9(3), 1154–1164.

Zhang, X., Tlili, A., Shubeck, K., Hu, X., Huang, R., & Zhu, L. (2021). Teachers’ adoption of an open and interactive e-book for teaching K-12 students Artificial Intelligence: a mixed methods inquiry. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00176-5

Published
2023-10-30
How to Cite
Sejati, S. P. (2023). Diseminasi Literasi Lingkungan Bagi Generasi Muda Menggunakan E-Book Interaktif. Surya Abdimas, 7(4), 660-668. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i4.3184
Section
Articles