Pendampingan Belajar Bagi Siswa Dengan Metode Outdoor Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris
Abstract
Mata Pelajaran Bahasa Inggris di jenjang sekolah dasar sudah mulai diajarkan sejak kelas 1. Namun, tidak semua anak mempunyai motivasi yang tinggi untuk mempelajarinya. Salah satu alasannya yaitu karena bahasa Inggris dipadang sebagai mata pelajaran yang cukup sulit. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan pemahaman terkait pentingnya mempelajari bahasa Inggris melalui kegiatan bimbingan belajar. Kegiatan bimbingan belajar dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa antusias siswa dalam belajar sangat baik. Respon yang baik dari siswa menunjukkan adanya meningkatnya motivasi belajar yang nantinya akan berdampak pada hasil belajarnya. Motivasi belajar pada siswa dapat ditumbuhkan melalui hal-hal yang sederhana, seperti melalui permainan maupun sistem belajar diluar ruangan dan memberi selingan dengan ice breaking.
Downloads
References
Adhisa, R. R., Arfian, M., Purnomo, G. C., Virgina, V. F., Azhar, L., Kusumawati, W., ... & Handayani, F. T. (2020). Pengembangan bimbingan belajar berbasis lingkungan di MIM Juwiran, Juwiring, Klaten. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 19-23.
Adi, L. (2022). Pendidikan Keluarga dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Ar-Rasyid, 7(1), 1-9.
Afrianingsih, Anita & Iman, Nurul & Mufid, Mufid. (2019). Kemandirian Anak Melalui Integrasi Outdoor And Indoor Learning Terhadap Perkembangan Sosial Emosional. Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling. 4. https://doi.org/10.33394/realita.v4i1.2152.
Andriani, M. W. (2022). Evaluasi pelaksanaan layanan bimbingan belajar oleh guru di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).
Alpian , Y., Anggraeni, S. W, Wiharti, U., & Sholeha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.Jurnal Buana Pengabdian,1(1),66-72. https://doi.org/10.36805/ jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.
Azeti, S., Mulyadi, H., & Purnama, R. (2019). Peran Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar pada Prestasi Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Journal of Business Management Education (JBME), 4(2), 10-17.
Churaez, F. I., Ramadani, R., Firmansyah, R., Mahmudah, S. N., & Ramli, S. W. (2020). Pembuatan dan Penyemprotan Disinfektan: Kegiatan KKN Edisi Covid-19 di Desa Bringin, Malang. Sinergi: Jurnal Pengabdian, 2(2), 50-55.
Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 15-26.
Hidayat, N. (2019). Model Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Interkonektif Berbasis Pada Pengembangan Masyarakat yang Produktif Inovatif dan Kreatif. Panangkaran: Jurnal PenelitianAgama dan Masyarakat,2(2),219-238. https://doi.org/10.14421/ panangkaran.2018.0202-03.
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Kontruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Dan Pembelajaran. Ghaitsa: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar peserta didik terhadap hasil belajar ekonomi pada pembelajaran daring di masa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4 630.
Novitasari, Riska & Gunawan, Herri & Nurhidayati, Indah & Ulfah, Yetty. (2023). Implementasi Metode Outdoor Learning Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah Alam Aminah Sukoharjo Tahun Ajaran 2021/2022. Al'Ulum Jurnal Pendidikan Islam. 88-98. 10.54090/alulum.138. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Nurul Fitri, S. F. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai,5(1),1617-1620.
Pramono, E., Budiono, A. N., & Aziz, A. (2020). Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Ekstrinsik. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 3(1), 1-6.
Rangki, L., Alifariki, L., & Dalla, F. (2020). Upaya Pencegahan dan Penanggulangan Transmisi Covid-19 Melalui Program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo. Journal of Community Engagement in Health, 3(2), 266-274. https://doi.org/10.30994/jceh.v3i2.78.
Sahbana, Z., Riyanti, N., & Taufikurrahman. (2022). Peran Guru Dalam Melaksanakan Bimbingan Belajar Bagi Murid Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Pekauman Kecamatan Banjarmasin Selatan. Al Jami: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan Dan Dakwah, 18(2),39-52.
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Wijaya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.
Subakti, H., Harianja, J. K., Ogara, D. O., Arni, Y., Fauzi, A., & Simarmata, J. (2022). Landasan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Suttrisno, S. (2021). Analisis Dampak Pembelajran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 348380.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video Pada Pembelajaran PKN di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200
Copyright (c) 2023 Puspa Dewi, Syarifah Muthohharoh, Ananda Suci Kosasih, Nanda Prihatini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.