Digital Branding dan Peningkatan Pengelolaan Keuangan Pada UMKM Olahan Ikan Merk “Dizan Crispy”

  • Rizky Eka Febriansah Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Eni Maryanti Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
  • Bayu Hari Prasojo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Pemasaran, Digital, Branding, UMKM, Keuangan

Abstract

Kecanggihan dan perkembangan pesat teknologi komputer dan jaringan saat ini membuat banyak UMKM di Indonesia, khususnya di provinsi Jawa Timur, kabupaten Sidoarjo, harus berbenah dan harus terbiasa dengan konsep pemasaran digital dan pembukuan keuangan berbasis aplikasi untuk tetap bisa bersaing, bertahan, dan merambah ke pasar yang lebih luas. salah satunya adalah UKM Dizan Crispy dengan dengan produk utama olahan ikan kering. UKM Dizan Crispy merupakan UKM berbasis rumah tangga yang berada di desa Kalitengah, kecamatan Tanggulangin, kabupaten Sidoarjo, suatu desa yang terletak di sebelah selatan kabupaten Sidoarjo dengan jarak sekitar 5 km dari kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (UMSIDA). Permasalahan mitra yang ditemukan adalah 1) mitra belum mempunyai digital branding dalam hal promosi, 2) distribusi pemasaran masih bersifat sempit karena selama ini hanya dititipkan ke outlet-outlet offline, serta (3) belum menggunakan pencatatan keuangan terstandarisasi dalam untuk digunakan dalam perencanaan operasionialisasi dan pengembangan UMKM di masa depan. Oleh karena itu tim pengabdian memberikan solusi : 1) memberikan pelatihan dan pendampingan digital branding dalam hal promosi, 2) memberikan pelatihan dan pendampingan pemasaran yang efektif dan modern melalui online yaitu Youtube, Instagram, Facebook dan e-commerce, dan 3) memberikan pelatihan dan pendampingan pencatatan dan pengelolaan laporan kuangan. Metode yang akan digunakan untuk mendukung program tersebut adalah mitra UKM akan diberikan pelatihan dan pendampingan dalam hal teknologi promosi dan teknologi pemasaran berbasis digital, serta  pelatihan dan pendampingan pencatatan dan pelaporan keuangan berbasis aplikasi agar dengan UKM ini dapat bertahan dan berkembang dengan lebih baik di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badriatin, T., Rinandiyana, L. R., Mujtahidin, F. W., & Mulyani, E. L. (2019). Capital Market Literation Program in Class. Journal of Character Education Civil 2(1), 24–29.

Bonang, D. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Kota Mataram. J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 155-165.

Dwidjosumarno, B. H. S., Atmajawati, Y., & Agustin, S. (2022). PKM Literasi Pasar Modal Bagi Mahasiswa Di Surabaya. SHARE “SHaring - Action - REflection,” 8(1), 96–100.

Mardhiah, A. M. (2022). Pengenalan Pasar Modal Kepada Siswa MA Ulumuddin Melalui Games Stocklab. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 10(2); 108-132.

Mubarok, F. K. (2018). Peran sosialisasi dan edukasi dalam menumbuhkan minat investasi di pasar modal syariah. Inovasi, 14(2), 113-132.

Mulyani, E., Fitra, H., Taqwa, S., Agustin, H., & Arza, F. I. (2020). PKM Literasi Keuangan Melalui Pelatihan Trading Saham Syariah Pada Guru-Guru MGMP Akuntansi dan Ekonomi SMA Se-Kota Pariaman. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(4), 3553–3557.

Otoritas Jasa Keuangan (2016). Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 61 /POJK.04/2016 Tentang Penerapan Prinsip Syariah di Pasar Modal Pada Manajer Investasi. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Samsiah, Sandri, S.H., & Bakaruddin (2018). “Edukasi Pasar Modal Di Madrasah Aliyah”, Jurnal Pengabdian Untuk Mu Negeri 2(1)1-7.

Utami, D., Afrida, A., & Marcel, G. S. (2022). Edukasi Literasi Keuangan Pasar Modal Bagi Masyarakat Kecamatan Ilir Timur Ii , Kota Palembang. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 2189–2194.

Windasari, W., & Zakiyah, T. (2020). Literasi Investasi Bagi Generasi Milenial di Era Digital. JCSE: Journal of Community Service and Empowerment, 1(1), 13-16.

Yahya, I., Raharjo, D.P., & Samsuri, A. (2022). Strategi Edukasi Pasar Modal Syariah di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(03): 3647-3653.

Adiputra, A.K., & Rohmah, K.L. (2019). Penyuluhan Literasi Keuangan Pasar Modal Bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Gading. Prosiding Abdimas II 2019: Sinergi dan Strategi Akademisi, Business dan Government (ABG) dalam Mewujudkan Pemberdayaan Masyarakat yang Berkemajuan Di Era Industri 4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 27 Agustus 2019 : 1701-1077.

Dewi, N.N.S.R.T., Adnantara, K.F., & Asana, G.H.S. (2017). “Modal Investasi Awal Dan Persepsi Risiko Dalam Keputusan Berinvestasi”. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 2(2): 173-190. https://doi.org/10.23887/jia.v2i2.15636

Hendrawaty, E. Haswanati, S., Huzaimah, R.A.F., & Dalimunthe, N.P. (2019). Sosialisasi Desa Nabung Saham Syariah Desa Kalisari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat: Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan dalam Revolusi Industri 4.0, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, 24-25 Oktober 2019: 1-8

Kemu, S.Z. (2016). “Literasi Pasar Modal Masyarakat Indonesia”. Kajian: Menjembatani Teori dan Persoalan dalam Perumusan Kebijakan, 21 (2): 161-175. Https://doi.org/10.22212/kajian.v21i2.773

Krisnawati, A. (2019). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Investasi pada Masyarakat Kota Bandung. Almana: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 301-312.

Lusardi, A. (2019). Financial Literacy And The Need For Financial Education: Evidence And Implications. Swiss Journal of Economics and Statistics, 155(01):1-9. https://doi.org/10.1186/s41937-019-0027-5

Rabbior, G. (2018). Money and Youth: A Guide to Financial Literacy. Manitoba: IG Wealth Management

Rahmayani, D., Azizah, F.N., Rahman, Y.A., Oktavilia, S., & Bowo, P.A.(2021). “Financial Literacy Of Capital Markets To Realize Economic Independence”. Indonesian Journal of Devotion and Empowerment, 3(2): 1-4. https://doi.org/10.15294/ijde.v3i2

Sasikiro, N., Meidiaswati, H., Rachman, N.M., Madyan, M. (2023). “Financial Literacy, Financial Technology Literacy, and Capital Market Participation”. Journal Of Theoretical And Applied Management, 16 (3): 612- 625. https://doi.org/10.20473/jmtt.v16i3.49550

Setiawan, B. (2019). “Pelatihan Literasi Keuangan Generasi Milenial di Palembang”. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 7(4): 882-887. https://doi.org/10.37061/jps.v7i4.12352

Setiawati, R.A. & Adryanfitri. (2023). “PkM Pelatihan Literasi Keuangan untuk Meningkatkan Kompetensi Diri Santri di Pondok Pesantren Al-Jihad Surabaya”. GUYUB: Journal of Community Engagement, 4(2): 155-167. https://doi.org/10.33650/guyub.v4i2.6384

Septiani, D., Martono, A., Ferdiansyah, & Karlina, L. (2020). Pengenalan Manajemen Investasi dan Pasar Modal bagi Siswa/I dan Guru Akuntansi SMK Bintang Nusantara. Jurnal Kuat: Keuangan Umum dan Akuntansi Terapan, 2(1): 58-63. https://doi.org/10.31092/kuat.v2i1.681

Zulkarnaini. (2018). “Sukes Investasi di Pasar Modal”. Jurnal Manajemen STEI, 01(01: 103-111.

Published
2024-04-07
How to Cite
Febriansah, R. E., Maryanti, E., & Prasojo, B. H. (2024). Digital Branding dan Peningkatan Pengelolaan Keuangan Pada UMKM Olahan Ikan Merk “Dizan Crispy” . Surya Abdimas, 8(2), 220-228. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i2.3439
Section
Articles