Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan, Label, dan Logo Produk UMKM Wadai Ilat Sapi

  • Misrianto Misrianto Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Marulan Andivas Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Alex Kisanjani Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Eliana Ganti Malik Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
  • Nanda Maulidina Rahadi Universitas Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia
Keywords: UMKM, Desain, Kemasan, Label, Logo, Produk

Abstract

Identitas produk menjadi faktor utama dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan suatu produk. Potensi produk desa Karya Jaya berupa produk olahan makanan yang belum memiliki identitas produk secara lengkap. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tetang pentingnya identitas produk bagi suatu produk. Objek pengabdian ini terdiri dua bagian yaitu identitas produk dan pelaku usaha. Populasi dari pengabdian merupakan warga desa Karya Jaya dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan awal (survey) dan wawancara. Jumlah sampel sebanyak 20 orang dengan berbagai latar belakang, usia, dan pendidikan. Metode pengolahan data menggunakan dua pendekatan. Pertama menggunakan pretests sebelum dilakuakn treatment. Perlakuan ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan dari objek PkM. Pada tahap kedua dilakukan treatment melalui pemberian pelatihan atau tutorial dan pendampingan pembuatan identitas produk. Setelah dilakukan treatment kemudian sampel diberikan posttest bertujuan untuk mengetahui perubahan dari setelah treatment. Hasil PkM menunjukkan bahwa terjadinya perubahan pengetahuan objek PkM mengenai identitas produk. Perubahan signifikan terjadi pada setiap item identitas produk. Terjadinya peningkatan pengetahuan tentang nama produk dari 35% menjadi 95%, logo produk naik dari 30% menjadi 90%, label produk naik dari 25% menjadi 90%, dan kemasan produk naik dari 10% menjadi 90%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurohim, D. (2023). Strategi Pengembangan Kelembagaan UMKM. Bintang Pustaka Madani.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio E-Kons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Bob Foster, Fitriani Reyta, Muhamad Deni Johansyah, Bernadetha Nadeak, & Elfrida Sormin. (2021). Peranan Desain Kemasan dan Branding Dalam Peningkatan Citra Merek Produk Usaha Unggulan Bandung Selatan. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 3(1), 518–525. https://doi.org/10.33541/cs.v3i1.2898

Erlyana, Y. (2018). Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah.’ National Conference of Creative Industry, September, 5–6. https://doi.org/10.30813/ncci.v0i0.1316

Erlyana, Y., & Jeremy. (2023). Pengabdian kepada Masyarakat dalam Program Bedakan; Redesain Identitas Jenama dan Kemasan Produk Kopi Srikandi. Pengabdian Dan Kewirausahaan, 7(1), 62–71. https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian-dan-kewirausahaan/article/view/4301/2642

Ismail, R. R., & Dermawan, R. (2023). Pendampingan Pengembangan Kemasan Untuk Membangun Identitas Produk Bagi UMKM Di Kelurahan Turi, Kota Blitar. Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN), 2(2), 135–142. https://ejurnal.stipas.ac.id/index.php/jmmn/article/view/158/156

Kusumawati, D. N. I., Kusumah, W. I., & Bahriyyah, H. Al. (2024). Perancangan Kemasan Sebagai Identitas dan Promosi pada UMKM Kue Jajanan Tradisional Khas Kemayoran Jakarta. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 2019–2031. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12699

Lamlie, S. K., Situmeang, R. R., & Stevany, S. (2023). Pengaruh Kemasan , Brand Image , Dan Harga Terhadap Pembelian Kosmetik Mustika Ratu Pada PT Liandi Prima Abadi. MSEJ, 4. 2498–2502.

Maflahah, I. (2012). Desain Kemasan Makanan Tradisional Madura Dalam Rangka Pengembangan IKM. Agrointek, 6(2), 118–122.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844

Niode, I. Y. (2019). Sektor UMKM di Indonesia: profil, masalah dan strategi pemberdayaan. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis OIKOS-NOMOS, 2(1), 1–10.

Nina, Purnama, H., Adzidzah, H. Z. N., Solihat, M., Septriani, M., & Sulistiani. (2023). Determinan Risiko dan Pencegahan terhadap Kejadian Penyakit Diabetes Melitus Tipe 2 pada Usia Produktif di Wilayah DKI Jakarta. Journal of Public Health Education, 2(4), 377–385. https://doi.org/10.53801/jphe.v2i4.148

Rahastine, M. P. (2018). Analisa Makna Desain Kemasan Pada Produk Teh Di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 9(1), 72–78. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Sari, N. Z. sekar, & Suwaidi, R. A. (2023). Branding Umkm Tape Pak Lan Melalui Pembuatan Logo Stiker Di Dusun Semen, Musir Kidul. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 2023. https://journals.eduped.org/index.php/jcos/article/view/526

Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemasaran E-Commerce Bagi Umkm Indonesia Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal Akrab Pekanbaru, 6(6).

Stoleru, E., & Brebu, M. (2021). Stabilization techniques of essential oils by incorporation into biodegradable polymeric materials for food packaging. Molecules, 26(20). https://doi.org/10.3390/molecules26206307

Sutopo, R. A.-B., Masnuna, & Romadhona, M. (2023). Perancangan Logo Bandeng Delmina Sebagai Upaya Penguatan Identitas Visual Produk. SYNAKARYA Visual Communication Design Student Journal, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.33005/synakarya.v4i1.95

Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm : Literature Review. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB

Taryudi, A., Maulana, D., Hafifah, H., Kistia, J., Hanifah, N., & Hapsari, D. . (2021). Pemulihan Ekonomi Keluarga UMKM Lokal melalui Pelatihan Desain Kemasan Produk dan Pemasaran Online di Desa Pekandangan Jaya, Kabupaten Indramayu. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 3(1), 27–35. https://journal.ipb.ac.id/index.php/ pim/article/view/35346

Teixeira-Costa, B. E., & Andrade, C. T. (2021). Natural Polymers Used in Edible Food Packaging—History, Function and Application Trends as a Sustainable Alternative to Synthetic Plastic. Polysaccharides, 3(1), 32–58. https://doi.org/10.3390/ polysaccharides3010002

Yanti, D. I. W., Leiwakabessy, I. M., Tabalessy, R. R., Masengi, M. C., Manurung, M., Sapari, L. J. S., & Kurmasela, H. (2024). Pendampingan Branding Dan Labelling Sebagai Pebguatan Identitas Produk Batik Ekoprint Pada Kelompok Ibu-Ibu Rumah Tangga. Journal of Character Education Society, 7(1), 42–50. https://journal.ummat.ac.id/ index.php/JCES/article/view/20159

Yuli Sintakarini, K., Iriani Sri Setiawati, R., & Wahed, M. (2023). Pembuatan Logo Dan Label Sebagai Branding Produk Pada UMKM Di Kelurahan Sentul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 7–14. https://ftuncen.com/index.php/ JPMSAINTEK/article/view/165

Published
2024-01-31
How to Cite
Misrianto, M., Andivas, M., Kisanjani, A., Malik, E. G., & Rahadi, N. M. (2024). Pelatihan Pembuatan Desain Kemasan, Label, dan Logo Produk UMKM Wadai Ilat Sapi. Surya Abdimas, 8(1), 106-116. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i1.3664
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)