Workshop Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Potensi Belajar Siswa
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris sering kali dihadapkan pada kesenjangan antara metode tradisional dan kemajuan teknologi. Meskipun kursus bahasa seperti Brilliant English Course berupaya meningkatkan kualitas pengajaran mereka, kekurangan terlihat dalam penerapan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi. Oleh karena itu, perlu adanya solusi yang inovatif untuk meningkatkan potensi belajar siswa. Dengan melakukan survey dan wawancara terlebih dahulu, hal ini untuk memahami kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa terhadap bahasa Inggris serta keterampilan teknologi mereka, materi dan agenda workshop disusun untuk memastikan relevansi dan efektivitasnya. Bentuk workshop pembelajaran bahasa Inggris berbasis digital yang melibatkan pemutaran video dan tugas meringkas cerita dengan melihat gambar tanpa teks sebagai metode inovatif dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil meningkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara siswa, dengan kemampuan mereka untuk menanggapi informasi verbal dan menceritakan kembali cerita secara lisan tanpa bergantung pada teks tertulis. Kreativitas dan imajinasi siswa dirangsang, membantu pengembangan keterampilan retorika melalui pengorganisasian cerita secara logis dan efektif. Penggunaan gambar-gambar yang digunting sebagai alat bantu visual juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Keberhasilan kegiatan ini tidak hanya tercermin dalam pengembangan keterampilan individu, tetapi juga dalam peningkatan keterlibatan dan kolaborasi siswa melalui diskusi kelas dan berbagi cerita. Melalui kegiatan ini dapat membantu meningkatkan pembelajaran. Brilliant English Course dapat memberikan akses ke platform belajar online atau aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang interaktif.
Downloads
References
Adisti, A. R., Yuliasri, I., Hartono, R., & Fitriati, S. W. (2022). Pengembangan literasi digital pembelajaran bahasa inggris untuk anak usia dini dalam menyambut kurikulum merdeka. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 5(1), 111–119. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Ain, N., Fashokha, N., Rohmah, M., & Sulthoniyah, L. (2023). Pengembangan Media Audio Visual Interaktif Berbasis Animasi Dalam Pembelajaran IPA Tentang Tumbuhan dan Fungsinya. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 7(1), 9-15.
Alti, R. M., Anasi, P. T., Silalahi, D. E., Fitriyah, L. A., Hasanah, H., Akbar, M. R., Arifianto, T., Kamaruddin, I., Malahayati, E. N., Hapsari, S., Jubaidah, W., Yanuarto, W. N., Agustianti, R., & Kurniawan, A. (2022). Media Pembelajaran. Get Press.
Ambarwati, R., & Herawati, K. (2020, March). Strengthening Student’s Pragmatics Competence in Teaching and Learning English Through Animation Video. In 4th International Conference on Arts Language and Culture (ICALC 2019) (pp. 486-493). Atlantis Press.
Arifin, N. W., & Hidayah, A. N. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Literasi Multibahasa di Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 2(1), 151-157.
Fajri, Z., Dewi Riza, I. F., Azizah, H., Sofiana, Y., Ummami, U., & Andila, A. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Visual Berbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin Bondowoso. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(3), 397–408. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i3.8583
Febriyanti, R. H., & Sundari, H. (2023). Penerapan Penggunaan Platform Materi Video Animasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Daring. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(2), 227. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i2.10215
Gozli, D. G. (2020). Imagination in General Psychology: Thinking with Luca Tateo’s “A Theory of Imagining, Knowing, and Understanding.” Integrative Psychological and Behavioral Science, 54(4), 920–932. https://doi.org/10.1007/s12124-020-09561-0
Mahsunah, E. (2021). Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis literasi digital pasca pandemi Covid 19. Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 957–968. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1257
Mahyudi, A. (2023). Efektivitas Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(2), 122–127. https://doi.org/10.55681/armada.v1i2.393
Nagy, T. (2021). Using Technology for Foreign Language Learning: The Teacher’s Role. Central European Journal of Educational Research, 3(2), 23–28. https://doi.org/10.37441/cejer/2021/3/2/9347
Patimah, P. (2015). Efektifitas Metode Pembelajaran Dongeng Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Pada Jenjang Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(2), 1–19. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i2.123
Putra, I. K. D. A. S., & Ningsih, N. L. S. A. (2023). Development of Interactive Learning Content Based On Blended Learning In The Implementation of The Independent Curriculum For Science Subjects at SDN 4 Abuan. Karmapati (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 12(3), 13-21.
Rifiyanti, H. (2022). ERROR TYPES IN SUBJECT-VERB AGREEMENT. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Proficiency, 4(2), 1–10.
Revianti, S. L., & Anggoro, P. D. W. (2022). Interaksi kolaboratif menggunakan virtual reality berbasis web dalam pembelajaran bahasa inggris. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 6(1), 102-114.
Susanti, A. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Widanti, H. N., Arti, W., & Anjasmara, B. (2021). Efektivitas Pemberian Latihan Brain Gym Terhadap Peningkatan Koordinasi Mata dan Tangan Pada Anak Pra-Sekolah. Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1), 40–45. https://doi.org/10.22219/physiohs.v3i1.17161
Yusuf, A. (2021). Pesantren Multikultural Model Pendidikan Karakter Humanis-Religius Di Pesantren Ngalah Pasuruan-Rajawali Pers. PT. RajaGrafindo Persada.
Copyright (c) 2024 Hafizah Rifiyanti, Dyah Utami Dewi, Filda Angelia, Astried Silvanie, Syamsu Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.