Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Platform Animaker Untuk Peningkatan Keterampilan Guru di Sekolah
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan skema pengabdian berdasarkan hasil diseminasi penelitian yang telah dilaksakanan. Observasi awal menunjukan kurangnya variasi pemanfaatan media pembelajaran terutama dalam mendukung pembelajaran abad 21. Pengabdian ini melatih pengembangan media pembelajaran video animasi platform animaker.com bagi pendidik di SMA Negeri 5 Sigi. Pengabdian ini bertujuan untuk mengajar guru bagaimana membuat media pembelajaran animasi yang menarik untuk pendidikan SMA. Metode pengabdian ini menggunakan metode kaji tindak untuk menyusun perencanaan kegiatan pelatihan intensif, melaksanakannya, mengawasinya, dan mengeval_uasinya. Mitra aktif dalam pelaksanaan ini seluruh guru di sekolah. Metode pelatihan melibatkan ceramah, tanya jawab, pemberian motivasi, penugasan, dan curah pendapat. Hasil tes penguasaan materi yang dilakukan pada 15 guru memberikan nilai rata-rata 49,3 persen. Namun, setelah pematerian usai pemahaman guru dalam membuat media pembelajaran animasi, pemahaman guru tentang materi meningkat sebesar 88,7 persen. Ini menunjukkan bahwa pemahaman guru tentang materi meningkat secara signifikan setelah digunakan video pembelajaran animasi. Guru SMA Negeri 5 Sigi menerima instruksi, pelatihan, dan dukungan untuk membuat media pembelajaran menggunakan Animaker.
Downloads
References
Agustina, I., Astuti, D., & Bhakti, Y. B. (2018). Interactive Learning Multimedia Based Microsoft Excel on the Temperature and Heat. Unnes Science Education Journal, 7(1), 1–6.
Aris M., Enok Maryani., Dede Rohmat., M. R. (2019). Fieldstudy Dalam Geografi (1st ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Een Nurhasanah, Uah Maspuroh, A. R. (2021). Pelatihan Perancangan Media Animasi Berbasis Aplikasi Animaker Bagi Guru Mts. Ikhwanul Muslimin Dan Mts. Nahdlatul Ulama Garunggung Kabupaten Karawang. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(1).
Gunawan, I. P. P., Maliki, R. Z., Saputra, I. A., Ali, Z., & Putra, E. Analysis of The Independent Learning Program In The Independent Campus to Competency of Tadulako University Geography Education Students. PAEDAGOGIA, 26(2), 108-120.
Gusteti, U. M., Rifandi, R., Manda, T. G., & Putri, MGusteti, U. M., Rifandi, R., Manda, T. G., & Putri, M. (2021). The development of 3D animated video for mathematics learning in elementary schools. Journal of Physics: Conference Series, 1.
Kuncahyono, K., Suwandayani, B. I., & Muzakki, A. (2020). Aplikasi E-Test “That Quiz” sebagai digitalisasi keterampilan pembelajaran Abad 21 di Sekolah Indonesia Bangkok. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(2), 153–166. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v11i2.4687
Munandar, A., Maryani, E., Rohmat, D., & Ruhimat, M. (2019). Assessment on Geography Field study at Universities in Indonesia. Jurnal Spatial Wahana Komunikasi dan Informasi Geografi, 19(1), 1-10.
Nisa, Z. (2015). Pengembangan suplemen bahan ajar geografi sumber daya berbasis kearifan lokal tentang pelestarian Taman Nasional Lore Lindu (TNLL) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Saputra, I. A., Rahmawati, R., & Putra, E. (2023). Development of Disaster Mitigation and Adaptation Learning Tools With Sets Vision (Science, Environment, Technology, Society) Geography Subject in SMA Negeri Palu. Jurnal Geografika (Geografi Lingkungan Lahan Basah), 4(2), 78-88.
Novarita, A. (2019). Pengurangan risiko bencana pada sikap kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Tadulako. Jurnal Pendidikan Geografi, 7(1), 1–9.
Putra, E. (2022). Efektifitas Metode Outdoor Study Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spasial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Geografi. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 7(3), 165-177.
Putra, E., Tantular, B. A., & Ruhimat, M. (2020). The Effect Of Simcity As Instructional Media In Geography Learning On Learners ’ Spatial Intelligence. In J. Kutaka-Kennedy (Ed.), ACM Digital Library. https://doi.org/doi/10.1145/3392305.3396896
Rahmawati, M., and Suryadi, E. (2019). Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49–54.
Sulisworo, D., Ishafit, & Firdausy, K. (2016). The development of mobile learning application using Jigsaw technique. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 10(3), 11–16.
Suraya, Fatkhiyah, E., and Suseno, H. . (2019). Pendampingan Kegiatan program Kemitraan Masyarakat dengan Pembuatan Bahan Ajar Aplikasi Video Scribe Pada Guru di SD Muhammadiyah Pandes Bantul. Jurnal Abdimas PHB, 2(2), 42–50.
Wulandari, A., Saputra, I. A., & Putra, E. (2023). Orientasi Bermukim Masyarakat Pesisir Teluk Palu Pasca Bencana Tsunami (Studi Kasus pada Kelurahan Mamboro Barat dan Kelurahan Panau). Jurnal Samudra Geografi, 6(2), 99-104.
Kisworo, B., Yusuf, A., Desmawaty, L., Shofwan, I., Kusumatuti, Z. R., Sakti, A. B. O., & Setiawati, R. I. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Platform Animaker. com bagi Pendidik PAUD Nonformal di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 26(1), 15-23.
Copyright (c) 2024 Exsa Putra, Nurvita Nurvita, Rahmawati Rahmawati, Zumrotin Nisa'
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.