Peningkatan Digital Readiness Pada Aspek Marketing UMKM

  • Muhammad Irawan Saputra Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
  • Ika Rizki Yustisia Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia
Keywords: Digital marketing, Digital readiness, UMKM

Abstract

UMKM di desa Krebet Senggrong adalah sekumpulan pegiat bisnis skala kecil yang memerlukan peningkatan digital readiness. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan keterampilan wirausaha dan memperbaiki pemasaran online UMKM. Usaha ini dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu UMKM Desa Krebet Senggrong. Fokusnya adalah memperkenalkan konsep pemasaran digital melalui seminar dengan tema transformasi digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Metode yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini ialah alternative technology development. Metode tersebut diimplementasikan dalam program yang mencakup pembuatan website promosi produk UMKM, pendampingan dalam strategi digital marketing, dan pelatihan penggunaan alat digital seperti Google My Business, Google Ads, dan Facebook Ads. Mitra yang terlibat dalam program ini adalah kantor desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang. Program ini memungkinkan mereka beradaptasi dengan perubahan pasar pasca pandemi. Hasil dari program ini adalah masyarakat desa telah memiliki pengetahuan dan teknik dasar pemasaran digital untuk meningkatkan digital readiness mereka. Program peningkatan kompetensi digital seperti yang telah dilakukan ini saja belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat saat ini. UMKM dan masyarakat Indonesia secara umum masih membutuhkan program lanjutan untuk memahami etika, budaya, dan keamanan dalam dunia digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cisco Systems, I. (2021). Cisco Digital Readiness Index. https://www.cisco.com/c/en/us/about/csr/research-resources/digital-readiness.html#~download

Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online. Informasi, 49(2), 145–156. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827

Evanita, S., & Fahmi, Z. (2023). Analysis of Challenges and Opportunities for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the Digital Era in a Systematic Literature Review. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(3), 227. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i3.4190

Hidayati, R., & Rachman, N. M. (2021). INDONESIAN GOVERNMENT POLICY AND SMEs BUSINESS STRATEGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Niagawan, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.21813

I Nyoman Tri Sutaguna, Syamsu Rijal, Chevy Herli Sumerli A, Geofakta Razali, & Muhammad Yusuf. (2023). Micro, Small, and Medium Enterprises’ Digital Marketing Strategy in Cimekar Village, Bandung Regency. Brilliant International Journal Of Management And Tourism, 3(1), 184–197. https://doi.org/10.55606/bijmt.v3i1.1287

Ionescu, V.-C. (2011). SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES IN THE CONTEXT OF CONTEMPORARY ECONOMIC DEVELOPMENT. ANNALS OF THE ORADEA UNIVERSITY. Fascicle of Management and Technological Engineering., XX (X), 20(1). https://doi.org/10.15660/AUOFMTE.2011-1.2189

Khaerani, S. N., & Sudarmiatin, S. (2022). The Use of Digital Marketing and Its Impact on Increasing MSME Sales. Interdisciplinary Social Studies, 1(8). https://doi.org/10.55324/iss.v1i8.193

Krebetsenggrong-malangkab.desa.id. (2023). PROFIL DESA. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. http://krebetsenggrong-malangkab.desa.id/about-us

Nurcahyadi, G. (2021). Riset : 74,5% Konsumen Lebih Banyak Berbelanja Online Daripada Offline.

Octaviano, A., & Dewi, H. K. (2021). Laju transaksi digital di e-commerc meningkat pada kuartal I-tahun 2021. kontan.co.id

Peraturan.go.id. (2023). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Ditjen PP. https://peraturan.go.id/id/uu-no-20-tahun-2008

Diwyarthi, Ni Desak Made Santi. (2021). Komunikasi Korporat: Panduan Teoritis dan

Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Hanim, L., & Noorman. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Jawa Tengah: Unissula Press.

Nurcahyadi, G. (2021, Oktober 22). Riset : 74,5% Konsumen Lebih Banyak Berbelanja

Online Daripada Offline. Jakarta , DKI Jakarta, Indonesia.

Octaviano, A., & Dewi, H. K. (2021, April 23). Laju transaksi digital di e-commerc

meningkat pada kuartal I-2021. Jakarta, DKI. Jakarta, Indonesia .

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.

Published
2024-10-21
How to Cite
Saputra, M. I., & Yustisia, I. R. (2024). Peningkatan Digital Readiness Pada Aspek Marketing UMKM . Surya Abdimas, 8(4), 480-487. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i4.4254
Section
Articles