Peningkatan Digital Readiness Pada Aspek Marketing UMKM
Abstract
UMKM di desa Krebet Senggrong adalah sekumpulan pegiat bisnis skala kecil yang memerlukan peningkatan digital readiness. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan keterampilan wirausaha dan memperbaiki pemasaran online UMKM. Usaha ini dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu UMKM Desa Krebet Senggrong. Fokusnya adalah memperkenalkan konsep pemasaran digital melalui seminar dengan tema transformasi digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Metode yang diterapkan dalam pengabdian masyarakat ini ialah alternative technology development. Metode tersebut diimplementasikan dalam program yang mencakup pembuatan website promosi produk UMKM, pendampingan dalam strategi digital marketing, dan pelatihan penggunaan alat digital seperti Google My Business, Google Ads, dan Facebook Ads. Mitra yang terlibat dalam program ini adalah kantor desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang. Program ini memungkinkan mereka beradaptasi dengan perubahan pasar pasca pandemi. Hasil dari program ini adalah masyarakat desa telah memiliki pengetahuan dan teknik dasar pemasaran digital untuk meningkatkan digital readiness mereka. Program peningkatan kompetensi digital seperti yang telah dilakukan ini saja belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat saat ini. UMKM dan masyarakat Indonesia secara umum masih membutuhkan program lanjutan untuk memahami etika, budaya, dan keamanan dalam dunia digital.
Downloads
References
Cisco Systems, I. (2021). Cisco Digital Readiness Index. https://www.cisco.com/c/en/us/about/csr/research-resources/digital-readiness.html#~download
Erlanitasari, Y., Rahmanto, A., & Wijaya, M. (2020). Digital economic literacy micro, small and medium enterprises (SMES) go online. Informasi, 49(2), 145–156. https://doi.org/10.21831/informasi.v49i2.27827
Evanita, S., & Fahmi, Z. (2023). Analysis of Challenges and Opportunities for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the Digital Era in a Systematic Literature Review. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(3), 227. https://doi.org/10.32503/jmk.v8i3.4190
Hidayati, R., & Rachman, N. M. (2021). INDONESIAN GOVERNMENT POLICY AND SMEs BUSINESS STRATEGY DURING THE COVID-19 PANDEMIC. Niagawan, 10(1), 1. https://doi.org/10.24114/niaga.v10i1.21813
I Nyoman Tri Sutaguna, Syamsu Rijal, Chevy Herli Sumerli A, Geofakta Razali, & Muhammad Yusuf. (2023). Micro, Small, and Medium Enterprises’ Digital Marketing Strategy in Cimekar Village, Bandung Regency. Brilliant International Journal Of Management And Tourism, 3(1), 184–197. https://doi.org/10.55606/bijmt.v3i1.1287
Ionescu, V.-C. (2011). SMALL AND MEDIUM ENTERPRISES IN THE CONTEXT OF CONTEMPORARY ECONOMIC DEVELOPMENT. ANNALS OF THE ORADEA UNIVERSITY. Fascicle of Management and Technological Engineering., XX (X), 20(1). https://doi.org/10.15660/AUOFMTE.2011-1.2189
Khaerani, S. N., & Sudarmiatin, S. (2022). The Use of Digital Marketing and Its Impact on Increasing MSME Sales. Interdisciplinary Social Studies, 1(8). https://doi.org/10.55324/iss.v1i8.193
Krebetsenggrong-malangkab.desa.id. (2023). PROFIL DESA. Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. http://krebetsenggrong-malangkab.desa.id/about-us
Nurcahyadi, G. (2021). Riset : 74,5% Konsumen Lebih Banyak Berbelanja Online Daripada Offline.
Octaviano, A., & Dewi, H. K. (2021). Laju transaksi digital di e-commerc meningkat pada kuartal I-tahun 2021. kontan.co.id
Peraturan.go.id. (2023). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Ditjen PP. https://peraturan.go.id/id/uu-no-20-tahun-2008
Diwyarthi, Ni Desak Made Santi. (2021). Komunikasi Korporat: Panduan Teoritis dan
Praktis. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Hanim, L., & Noorman. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & Bentuk-Bentuk Usaha. Jawa Tengah: Unissula Press.
Nurcahyadi, G. (2021, Oktober 22). Riset : 74,5% Konsumen Lebih Banyak Berbelanja
Online Daripada Offline. Jakarta , DKI Jakarta, Indonesia.
Octaviano, A., & Dewi, H. K. (2021, April 23). Laju transaksi digital di e-commerc
meningkat pada kuartal I-2021. Jakarta, DKI. Jakarta, Indonesia .
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital Marketing. Malang: Edulitera.
Copyright (c) 2024 Muhammad Irawan Saputra, Ika Rizki Yustisia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.