Penyuluhan dan Pelatihan Fisioterapi Pada Orang Tua di Komunitas Madani Sekolah Alam

  • Agung Hermawan Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Ade Irma Nahdliyyah Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nisfa Prihanani Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
  • Tiara Wulandari Universitas Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Anak autis, Play exercise, Sensori integrasi

Abstract

Peningkatan jumlah anak autis di indonesia yang diakibatkan pola asuh atau pendidikan dapat merubah perilaku anak atau penurunan perkemabangan anak. Hasil proses observasi dan assesment mahasiswa semester 6 Fisioterapi dan dosen program studi fakultas fisioterapi Universitas Palakalongan pada tanggal 3 Mei 2023 di komunitas masyarakat sipil. Informasi yang didapat bahwa 3 persen anak di komunitas masyarakat sipil mengalami autisme. Oleh karena itu, mahasiswa fisioterapi dan dosen program studi di fisioterapi berencana memberikan penyuluhan tentang cara penanganan autisme dengan Play Exercisedan Sensory Integration. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman orang tua tentang peran fisioterapi khususnya pada kondisi autisme pada anak. Sebelum dan sesudah konseling, orang tua diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui tentang autisme. Hasil pre-test dan post-test dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada orang tua tentang autisme dan cara mengatasinya dengan Play Exercise dan  sensory integrasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, A. A., Rahman, F., & Trisnaningrum, D. A. (2021). Program Fisioterapi Berbasis Play Exercise untuk Perkembangan Motorik pada Anak dengan Delay Development: Studi Kasus. Indonesian Journal of Physiotherapy Research and Education IJOPRE, 2(2), 61–70.

Ashori, M., Zarghami, E., Ghaforian, M., & Jalil-Abkenar, S. S. (2018). The effect of sensory integration on the attention and motor skills of students with down syndrome. Iranian Rehabilitation Journal, 16(3), 317–324. https://doi.org/10.32598/irj.16.3.317

Case-Smith, J., & Arbesman, M. (2008). Evidence-based review of interventions for autism used in or of relevance to occupational therapy. The American Journal of Occupational Therapy : Official Publication of the American Occupational Therapy Association, 62(4), 416–429. https://doi.org/10.5014/ajot.62.4.416

Cermak, S. A., & Mitchell, T. W. (2006). Sensory integration. Treatment of language disorders in children, 435-469.

Christine Puspaningrum. (2010). Pusat Terapi Anak Autis Di Yogyakarta. Penelitian, september, 11–38.

Harbourne, R. T., Dusing, S. C., Lobo, M. A., McCoy, S. W., Koziol, N. A., Hsu, L.-Y., Willett, S., Marcinowski, E. C., Babik, I., Cunha, A. B., An, M., Chang, H.-J., Bovaird, J. A., & Sheridan, S. M. (2021). START-Play Physical Therapy Intervention Impacts Motor and Cognitive Outcomes in Infants With Neuromotor Disorders: A Multisite Randomized Clinical Trial. Physical Therapy, 101(2). https://doi.org/10.1093/ptj/pzaa232

Kurniawan, A. (2021). Deteksi Dini Anak Autism. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 7(1), 57. https://doi.org/10.17977/um031v7i12021p57-61

Labola, Y. A. (2018). Data Anak Autisme Belum Akurat?. Universitas Kristen Satya Wacana. Researchgate.Net, November.

Nugraheni, S. A. (2012). Menguak Belantara Autisme. Buletin Psikologi, 20(1–2), 9–17. https://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/view/11944

Odom, S. L., Collet-Klingenberg, L., Rogers, S. J., & Hatton, D. D. (2010). Evidence-Based Practices in Interventions for Children and Youth with Autism Spectrum Disorders. Preventing School Failure: Alternative Education for Children and Youth, 54(4), 275–282. https://doi.org/10.1080/10459881003785506

Shaw, K. A., Bilder, D. A., McArthur, D., Williams, A. R., Amoakohene, E., Bakian, A. V., Durkin, M. S., Fitzgerald, R. T., Furnier, S. M., Hughes, M. M., Pas, E. T., Salinas, A., Warren, Z., Williams, S., Esler, A., Grzybowski, A., Ladd-Acosta, C. M., Patrick, M., Zahorodny, W., … Maenner, M. J. (2023). Early Identification of Autism Spectrum Disorder Among Children Aged 4 Years — Autism and Developmental Disabilities Monitoring Network, 11 Sites, United States, 2020. MMWR Surveillance Summaries, 72(1), 3–16. https://doi.org/10.15585/mmwr.ss7201a1

Toscano, C. V. A., Ferreira, J. P., Quinaud, R. T., Silva, K. M. N., Carvalho, H. M., & Gaspar, J. M. (2022). Exercise improves the social and behavioral skills of children and adolescent with autism spectrum disorders. Frontiers in Psychiatry, 13, 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.1027799

Uyanik, M., & Kayihan, H. (2013). Down Syndrome: Sensory Integration, Vestibular Stimulation and Neurodevelopmental Therapy Approaches for Children. International Encyclopedia of Rehabilitation, May 2014, 1–22.

Westergren, T., Fegran, L., Nilsen, T., Haraldstad, K., Kittang, O. B., & Berntsen, S. (2016). Active play exercise intervention in children with asthma: A PILOT STUDY. BMJ Open, 6(1). https://doi.org/10.1136/bmjopen-2015-009721

Published
2024-10-28
How to Cite
Hermawan, A., Nahdliyyah, A. I., Prihanani, N., & Wulandari, T. (2024). Penyuluhan dan Pelatihan Fisioterapi Pada Orang Tua di Komunitas Madani Sekolah Alam. Surya Abdimas, 8(4), 497-504. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i4.4311
Section
Articles