Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Platform Genially Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru

  • Rusmining Rusmining Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Ariesta Yuwaningsih Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Rima Aksen Cahdriyana Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Pelatihan, Media pembelajaran, Keterampilan mengajar

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh mitra yaitu masih minimnya media pembelajaran yang dikembangan oleh guru. Guru belum banyak mengenal platform media pembelajaran, sehingga belum terlatih membuat media pembelajaran terutama yang berupa video pembelajaran. Guru perlu belajar membuat media pembelajaran dengan platform yang sederhana, salah satunya adalah Genially. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat media pembelajaran berupa video pembelajaran dengan platform Genially. Metode pengabdian yaitu dengan metode pelatihan dan pendampingan. Mitra kegiatan adalah guru Matematika SMP Muhammadiyah Pleret Bantul. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu guru mampu membuat media pembelajaran menggunakan platform Genially. Diukur dari hasi pre-test dan post-test. terjadi peningkatan pengetahuan dengan rata-rata awal 62,25 menjadi 80,75 (29,71%). Guru juga mulai terampil membuat media pembelajaran dengan platform Genially. Kesimpulan kegiatan pengabdian ini yaitu terjadi peningkatan pengetahuan sebesar 29,71% dan peningkatan keterampilan guru MIPA dalam membuat video pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, D. T. dan Yulian, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar

Electronic Book Menggunakan Software Kvisoft Flipbook pada Materi Hukum Dasar Kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA). 2 (1).

Arifin, Z. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika (Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi). Surabaya: Lentera Cendikia.

Amir, Z. dan Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Atmaka, D. (2004). Tips Menjadi Guru Kreatif. Yogyakarta: Yrama Widya.

BPMP Riau. (2023). 8 Keterampilan Mengajar Yang Wajib Dimiliki Guru. http://bpmpriau.kemdikbud.go.id

Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan media pembelajaran game edukasi bilangan pangkat dan akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 101-109.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Haque, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Pleret. Prosiding Seminar Hasil PLP FKIP UAD.

Murdiana, M., Jumri, R., & Damara, B. E. P. (2020). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 152-160.

Nurhasnawati. (2015). Strategi Pengajaran Mikro. Pekanbaru: Fakultas Tarbiah IAIN Sultan Kasim.

Kadir, S., Astaman, dan Masdul, M.R., (2018). Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar (Tinjauan Pendidikan Islam pad SDN 10 Banawa Kabupaten Donggala), Jurnal Kolaboratif Sains.

Rusman, (2012), Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21: Alfabeta.

Saputra, T. F. N. dan Mampouw, H. L., (2022), Pengembangan Pembelajaran Bermedia Powtoon Untuk Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06 (01), pp. 314-328.

Ratniati & Harahap. (2022). Pengembangan media pembelajaran fisika dengan permainan ular tangga menggunakan platform Genially. Penelitian Pendidikan MIPA 7(1), 18-27.

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Usman (2015). Manajemen Pendidikan. Jurnal Histogram, 5 (2), 114-125.

Umbara, U. (2017). Psikologi Pembelajaran Matematika (melaksanakan pembelajaran matematika berdasarkan tinjauan psikologi). Deepublish.

Published
2024-04-30
How to Cite
Rusmining, R., Yuwaningsih, D. A., & Cahdriyana, R. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Platform Genially Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru. Surya Abdimas, 8(2), 284-290. https://doi.org/10.37729/abdimas.v8i2.4312
Section
Articles