Sosialisasi dan Penerapan Prinsip 5S Sebagai Upaya Peningkatan Kesadaran dan Kedisiplinan Warga Sekolah
Abstract
Sekolah Dasar Negeri 007 Penajam Paser Utara terdapat aktivitas diruang guru yang meliputi pelaksanaan tugas serta mempersiapkan bahan untuk mengajar. Pada hasil pengamatan menunjukan beberapa permasalahan seperti tidak merawat fasilitas secara terencana, tidak teraturnya dalam penyimpanan barang sehingga kesulitan dalam menemukan dan mengakses peralatan kerja, berkurangnya efisiensi waktu menemukan peralatan kerja, tidak teraturnya tata letak disetiap meja kerja, kurangnya perawatan kebersihan lingkungan kerja yang sehat. Adapun usaha untuk mengatasi permasalahan kebersihan dan kerapian di ruang guru SDN 007 Penajam Paser Utara, jika permasalahan tersebut dibiarkan dapat mengganggu kelancaran menjalankan aktivitas kerja. Teori 5S adalah istilah dari bahasa jepang yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke yang dimanfaatkan menyempurnakan penataan, kebersihan, dan kedisiplinan dilingkungan kerja. Penyuluhan untuk memberi pemahaman teori 5S dilakukan di ruang guru SDN 007 Penajam Paser Utara sebagai awal kegiatan pengabdian masyarakat untuk meningkatkan kualitas pengabdian. Penerapan 5S di ruang guru SDN 007 Penajam Paser Utara lebih berfokus pada tahapan menyortir dan merapikan peralatan kerja, yang disebabkan banyaknya barang tidak terpakai berserakan di meja guru dan lemari. Setelah dilakukan sosialisasi dan penerapan 5S di ruang guru SDN 007 Sepaku, Terdapat beberapa area yang memerlukan penerapan pada bagian lemari, meja komputer, kursi dan meja tamu.
Downloads
References
Andivas, M., Pamungkas, I. B., Apolos, J., Sianipar, E. M. F. G., Irwan, A. A. M., & Awalia, N. A. (2023). Efektivitas Implementasi Program 5S Pada Kantor Pemerintah Desa. Surya Abdimas, 7(2), 320–327. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i2.2977
Apriliani, F., Anggraeni, H. E., Resmeiliana, I., & Paramitadevi, Y. V. (2023). Edukasi PHBS dan Budaya 5R Pada Santri Putra di Pondok Pesantren Thoyyibah Al Islami Bogor. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 5(1), 89-101.
Bancin, W. E., & Naibaho, D. (2024). Membangun Kualitas Pendidikan : Hubungan Antara Kompetensi Kepribadian Guru Pak Dengan Pembentukan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(2), 216–223.
Fajri Anasrul, R. (2022). Penerapan Metode Six Sigma dan 5S Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Efektivitas Pada Produksi Batako (Studi Kasus UMKM XYZ). Journal Of Approriate Technology For Community Services, 3(1), 14–23. https://doi.org/10.20885/jattec.vol3.iss1.art2
Jusuf, R., & Maaku, A. (2020). Kurikulum Darurat Covid 19 di Kota Kotamobagu; Fenomena dan Realita Guru Madrasah. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(2), 155. https://doi.org/10.30984/jii.v14i2.1188
Kurdi, M. S. (2023). Urgensitas Pendidikan Islam Bagi Identitas Budaya (Analisis Kritis Posisi Efektif Pendidikan Sebagai Pilar Evolusi Nilai, Norma, Dan Kesadaran Beragama Bagi Generasi Muda Muslim). IJRC: Indonesian Journal Religious Center, 01(03), 169–189.
Khotimah, D. N. (2019). Implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK) melalui kegiatan 5s di sekolah dasar. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1).
Lahmuddin, L., Wastuti, S. N. Y., & Jamila, J. (2021). Application of the Five-Soul Philosophy of Values in Forming Responsive and Active Individuals in Anticipating the Covid 19 Outbreak. ABDI SABHA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 110–116. https://doi.org/10.53695/jas.v2i1.106
Mutiara, A., & Aisyah, S. (2023). Implementasi Pengarsipan Dokumen Menggunakan Metode 5S di Kantor Dinas Perikanan Lubuk Pakam. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2146–2150. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13179
Nurhayani, N., Putri, S. R., & Darmawan, A. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Outsole Sepatu Casual menggunakan Metode Six Sigma DMAIC dan Kaizen 6S. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 248. https://doi.org/10.24014/jti.v9i1.22449
Oktavianus, Y., & Hartono, N. (2020). Perancangan Lemari Penyimpanan Ergonomis Sebagai Penerapan Metode 5S Pada Divisi Pembubutan Di Cv.Tjokro Bersaudara Cabang Tangerang. Jurnal PASTI, 13(3), 235. https://doi.org/10.22441/ pasti.2019.v13i3.002
Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163. https://jptam.org/index._php/jptam/article/view/2106/1857
Sari, N., Januar, J., & Anizar, A. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.107
Setya Nugraha, C., Novita Sari, R., & Rungkut Madya, J. (2024). Upaya Reduksi Searching Time Pada Area Gudang Penyimpanan Barang di PT LBP Dengan Metode 5S. Teknik Elektro Dan Informatika, 2(1). https://doi.org/10.61132/jupiter.v2i1.74
Taviprawati, E., & Sembiring, V. A. (2019). Pengaruh Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Karyawan Di Unit Tata Graha Hotel Menara Penisula. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(3), 160.
Yanti, S. N. (2019). Penerapan Budaya Kerja 5R/5S Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Di Cv. Cahaya Mandiri. Matrik, 19(2), 31. https://doi.org/10.30587/matrik.v19i2.727
Copyright (c) 2024 Muhammad Defran Vandhana, Putri Nuvira Mada, Marulan Andivas, Fathmah Azhahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.