Optimalisasi Literasi Keuangan Digital Melalui Peningkatan Penggunaan QRIS Pada UMKM
Abstract
Era digital menjadi era kemudahan bagi transaksi jual beli bagi pengusaha yang paham akan dunia digital, namun bagi UMKM yang belum memiliki banyak informasi, hal ini menjadikannya kalah bersaing dengan pesaing yang paham teknologi, Kemudahan bertransaksi utamanya dalam penggunaan cashless sangat memudahkan transaksi saat ini. Pengabdian dilaksanakan dalam bentuk pelatihan yang diadakan di UMKM Center Kabupaten Magelang dengan 50 peserta dari UMKM sekitar kabupaten Magelang, diisi langsung oleh tim pengabdi dan dilanjutkan dengan pendampingan dan konsultasi terkait pembuatan dan penggunaan QRIS. Pengabdian ini semakin meyakinkan UMKM untuk beradaptasi dengan tekonologi yang ada. Terjadi kenaikan pemahaman transaksi dan manfaat literasi keuangan digital dari 35 persen menjadi 83 persen. Pelaku UMKM semakin sadar akan kebutuhan adaptasi teknologi dalam perdagangan yang dijalankan. Pelaku UMKM sudah membuat QRIS untuk kemudahan transkasi dan melakukan optimalisasi market place yang dimiliki untuk meningkatkan penjualan.
Downloads
References
Untuk Absensi Pada Website Berbasis Php Native. SISFOTENIKA, 8(1), 47. https://doi.org/10.30700/jst.v8i1.151
Bala, M., & Verma, D. (2020). A Critical Review of Digital Marketing. International Journal of Management, IT & Engineering, 8(10), 321–339.
Basalamah, A. B. (2023, June 19). Ternyata Belum Semua Paham QRIS, Ini Kata Pelaku UMKM. Radar Kediri. https://radarkediri.jawapos.com/ekonomi/ 781299677/ternyata-belum-semua-paham-qris-ini-kata-pelaku-umkm
de Bilde, J., Vansteenkiste, M., & Lens, W. (2011). Understanding the association between future time perspective and self-regulated learning through the lens of self-determination theory. Learning and Instruction, 21(3), 332–344. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2010.03.002
Fachrunnisa, O., Adhiatma, A., Lukman, N., & Majid, Md. N. A. (2020). Towards SMEs’ digital transformation: The role of agile leadership and strategic flexibility. Journal of Small Business Strategy , 30(3), 65–85.
Hartana. (2022). Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1–24. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i3.50585
Hutauruk, S. M. L., Hadi, P., & Handayani, T. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Brand Switching Terhadap Penggunaan E-Wallet. Korelasi, 2(1), 339–348.
Jara, I., Claro, M., Hinostroza, J. E., San Martín, E., Rodríguez, P., Cabello, T., Ibieta, A., & Labbé, C. (2015). Understanding factors related to Chilean students’ digital skills: A mixed methods analysis. Computers & Education, 88, 387–398. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2015.07.016
Levy, F., & Murnane, R. J. (2012). The new division of labor. Princeton University Press.
Munawaroh, S., & Pujianto, W. E. (2023). Pelatihan Interaktif Penggunaan Aplikasi Digital Qris Sebagai Alat Pembayaran Pada UMKM Di Desa Kraton, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo. Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 480–485.
Novie, M., Pujianto, W. E., Hanafi, K. K., & Husada, U. (2022). Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Sertifikasi Halal Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah di Kabupaten Sidoarjo. Abdimas Galuh, 4(2), 685–694.
Pranogyo, A. B., Tarsono, O., Elliyana, E., Hendro, J., Sumampouw, R. W. J., Ikhsan, M., & Elvira. (2024). Bisnis UMKM di Era Digital: Pentingnya Literasi Keuangan. PROGRESIF, 4(1), 1–12. https://ejournal.stei.ac.id/index._php/PROGRESIF
Rivani, E., & Rio, E. (2021). Penggunaan Uang Elektronik pada Masa Pandemi Covid-19: TELAAH PUSTAKA. Kajian, 26(1), 75–89. https://doi.org/10.22212/ kajian.v26i1.3910
Santoso, M. B., Zainuddin, Moch., & Asiah, D. H. S. (2021). Eksistensi Bisnis Online di Masa Pandemi Covid-19: Perspektif Kognitif Sosial. Jurnal Pengabdian Dan Penelitian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 136–146.
Sekarsari, K. A. D., Sulistyaningrum I, C. D., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (Qris) pada Merchant Di Wilayah Surakarta. JIKAP : Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2), 42–57. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jikap.v5i2.51487
Sundari, C. (2019). Revolusi Industri 4.0 Merupakan Peluang dan Tantangan Bisnis Bagi Generasi Milenial Di Indonesia. Prosiding SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPERS, 555–563.
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. JURNAL AL-QARDH, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Widyanti, A. N. (2023, January 11). Rendahnya Ketertarikan Penggunaan QRIS pada UMKM di Purwokerto. Kumparan. https://kumparan.com/an-nisaa-widyanti-1671076320281111389/rendahnya-ketertarikan-penggunaan-qris-pada-umkm-di-purwokerto-1zRXyAGoa24/full
Yanto, H., Hidayah, R., Hajawiyah, A., Baroroh, N., & Wibowo, A. (2021). Developing operational accounting competencies during the pandemic using emergency online learning. Cogent Education, 8(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.1926405
Yanto, H., Ismail, N., Kiswanto, K., Rahim, N. M., & Baroroh, N. (2021). The roles of peers and social media in building financial literacy among the millennial generation: A case of indonesian economics and business students. Cogent Social Sciences, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1947579
Zhang, J. W., & Howell, R. T. (2011). Do time perspectives predict unique variance in life satisfaction beyond personality traits? Personality and Individual Differences, 50(8), 1261–1266. https://doi.org/10.1016/j.paid.2011.02.021
Copyright (c) 2024 Heri Yanto , Budi Prasetiyo, Niswah Baroroh, Ain Hajawiyah, Kardiyem Kardiyem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.