Mental Health 101: Edukasi Isu Kesehatan Mental dan Pencegahannya bagi Siswa SMA
Abstract
Anak-anak pada masa remaja rentan terhadap masalah kesehatan mental karena menghadapi berbagai macam perubahan. Tingginya kasus kesehatan mental pada remaja di Indonesia perlu mendapat perhatian khusus. Masalah kesehatan mental dapat diatasi dengan berbagai metode, salah satunya melalui literasi kesehatan mental. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kesehatan mental pada siswa dan guru di SMAN 1 Ungaran. Pengabdian masyarakat dilakukan dalam bentuk talkshow, dan diikuti oleh 316 siswa dan 6 guru. Hasil dari pengabdian masyarakat ini adalah adanya peningkatan pemahaman siswa dan guru terhadap isu kesehatan mental dan pencegahannya yang terlihat dari pre-test dan post-test. Berdasarkan pre-test dan post-test, peningkatan terbesar terdapat pada indikator memahami gangguan mental yang umum ditemui di masyarakat yaitu sebesar 55 persen, sedangkan keempat indikator lainnya mengalami peningkatan yang cukup, yaitu sekitar 30 persen. Disarankan untuk diadakan pelatihan penanganan pertama pada masalah kesehatan mental sebagai kegiatan pengabdian lanjutan.
Downloads
References
Badan Pusat Statistik. (2020). Jumlah Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Indonesia - Sensus Penduduk 2020. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/ sp2022/188/1/0
Center for Reproductive Health, University of Queensland, & Johns Bloomberg Hopkins School of Public Health. (2022). Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian.
Galderisi, S., Heinz, A., Kastrup, M., Beezhold, J., & Sartorius, N. (2015). Toward a new definition of mental health. World Psychiatry, 14(2), 231. https://doi.org/10.1002/WPS.20231
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Survei Kesehatan Indonesia 2023 Dalam Angka.
Kutcher, S., Wei, Y., & Coniglio, C. (2016). Mental Health Literacy: Past, Present, and Future. Canadian Journal of Psychiatry. Revue Canadienne de Psychiatrie, 61(3), 154. https://doi.org/10.1177/0706743715616609
Lubis, N., Krisnani, H., & Fedryansyah, M. (2014). Pemahaman Masyarakat Mengenai Gangguan Jiwa Dan Keterbelakangan Mental. Share: Social Work Journal, 137–144.
Ma, K. K. Y., Anderson, J. K., & Burn, A. M. (2023). Review: School-based interventions to improve mental health literacy and reduce mental health stigma – a systematic review. Child and Adolescent Mental Health, 28(2), 230–240. https://doi.org/10.1111/CAMH.12543
Seedaket, S., Turnbull, N., Phajan, T., & Wanchai, A. (2020). Improving mental health literacy in adolescents: systematic review of supporting intervention studies. Tropical Medicine & International Health, 25(9), 1055–1064. https://doi.org/10.1111/TMI.13449
Sehularo, L. A., Zenani, N., Gause, G., Chukwuere, P. C., Sehularo, M. P., Wankasi, H. L., Armah, D., Matsipane, M. J., & Murudi-Manganye, S. (2023). Strategies For Improving The Mental Health Literacy Among Adolescents: A Systematic Review. Gender & Behaviour, 21(1), 21009–21019.
Shu, S. (2022, March 28). Mental Health Awareness: Its Significance and Impact on Teenagers. Voices of Youth. https://www.voicesofyouth.org/blog/mental-health-awareness-its-significance-and-impact-teenagers
Tulane University. (2024, April 14). Mental Health Literacy: Definition, Importance, and Impact. https://publichealth.tulane.edu/blog/mental-health-literacy/
World Health Organization. (2020). Adolescent health and development. https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/adolescent-health-and-development
Copyright (c) 2024 Benedicta Audrey Putri Trisnadewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.