Kegiatan Sosialisasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kesiapan, Minat, dan Motivasi Siswa SMP Untuk Menempuh Pendidikan Tinggi
Abstract
Isu pendidikan yang terjadi di desa Cijagang adalah kurangnya motivasi dan minat diri siswa SMP dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/ sederajat dan perguruan tinggi. Tujuan dan manfaat kegiatan dari pengabdian kepada masyarakat melalui sosialisasi motivasi dan minat diri adalah memberikan edukasi agar terbangun motivasi dan minat bagi siswa MTS Al-Barokah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/ sederajat hingga perguruan tinggi. Intervensi dilakukan selama satu bulan dengan sasaran siswa kelas IX MTS Al-Barokah yang berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan yaitu Focus Group Discussion (FGD) dimulai dari transect walk, observasi, wawancara, pre-test dan post-test. Hasil dari kuesioner pre-test dan post-test menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen siswa kelas IX merasa sudah terinformasi mengenai pilihan sekolah dan beasiswa serta memiliki motivasi yang cukup untuk melanjutkan pendidikan. Rekomendasi yang diberikan berupa perekrutan guru BK dan program Perencanaan Lanjut Studi (PLANS).
Downloads
References
Afiyanti, Y. (2008). (FGD) Sebagai Metode Pengumulan Data Penelitian. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(1), 58–62.
Agus Afandi, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, M. H. U., Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, M. S., Jamilah, Nurhira Abdul Kadir, Syahruni Junaid, Serliah Nur, R. D. A., & Parmitasari, Nurdiyanah, Jarot Wahyudi, M. W. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (J. W. Suwendi, Abd. Basir (ed.)). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Agustin, N. S. (2022). Analisis Kematangan Karir Siswa Kelas XII MA Negeri 2 Kutai Kartanegara dengan Asesmen MBTI. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4487–4491.
Aruan, I. N. M. (2020). Penyusunan Intervensi (Perencanaan) dan Implementasi Keperawatan dalam memenuhi Kebutuhan Dasar Manusia. Osf.
Br Perangin Angin NEGERI, A. S. (2022). Penerapan Supervisi Metode Focus Group Discussion (Fgd) Untuk Memperbaiki Kemampuan Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Di Sd Negeri 040448 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1), 89–102. https://ejournal.lpipb.com/index._php/jipdas/article/view/66
Gustini, S., Umardani, D., Emelda, & Calista, A. (2023). Membangun Motivasi Pelajar Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Jenjang Perguruan Tinggi. NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 117–125. https://doi.org/10.55606/ nusantara.v3i2.1224
Iis Margiyanti, & Siti Tiara Maulia. (2023). Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 199–208. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1509
Laksono, W. A., & Astuti, Y. (2020). Metode Myer Briggs Type Indicator (Mbti) Untuk Tes Kepribadian Sebagai Media Pengembangan Diri. Journal of Information System Management (JOISM), 1(2), 22–27. https://doi.org/10.24076/joism.2020v1i2.443
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://jurnal.uisu.ac.id/index._php/Bahastra/article/view/1215
Nasrullah, D., Hidayatullah, A., & Unggul WP, S. (2016). Pendampingan E-Commerce dan Pendidikan di Cerme Kecamatan Ngimbang Lamongan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 11. https://doi.org/10.30651/aks.v1i1.301
Naufala Bairat, M., Latuconsina, R., & Setianingsih, C. (2021). Perancangan Dan Implementasi Tes Psikologi Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Berbasis Komputer Dengan Metode Decision Tree Design and Implementation of Computer Based Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) Psychology Test With the Decision Tree Method. E-Proceeding of Engineering, 8(2), 2001–2007.
Putri, C. A., Siregar, F. A., & Lubis, A. rasyicha. (2023). Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling. Liberosis : Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 1(1), 1–19.
Praktikum III Desa Cijagang (2023) Prodi Kesejahteraan Sosial Universitas Binawan
Rochman, U. H., & Subarkah, A. (2024). Pemberdayaan masyarakat dalam situasi tanggap darurat bencana gempa bumi dan longsor melalui santri siaga bencana di Kabupaten Cianjur. Jurnal Abdimas Mahakam, 8(1).
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/ basicedu.v6i4.3296
Setiawan, H., Yendra, Y., & Choirunnisa, C. (2023). Penguatan Kapasitas SDM Melalui Motivasi dan Edukasi Pendidikan Tinggi Bagi Siswa SMK NU Bandar Kabupaten Batang. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4218
Silaban, B., Suharto, A., Mubarok, M. H., Hanitha, V., Suhendri, & Yana, D. (2022). Pengembangan Kewirausahaan Melalui Digitalisasi UMKM di Kampung Sejahtera Mandiri, Teras Pancasila, Kelurahan Karang Tengah, Tangerang. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 26–34.
Supardi, J. S., Merdiasi, D., Sepniwati, L., Apandie, C., & Siten, A. D. (2023). Penguatan dalam Pembinaan dan Pembimbingan Karier Siswa SMA Negeri 1 Pulau Malan, Kabupaten Katingan. Journal Of Human And Education (JAHE), 3(4), 78–87. https://doi.org/10.31004/jh.v3i4.403
Susilowati, E. (2019). Penerapan Teknologi Pengembangan Masyarakat Pada Program Desa Sabilulungan. LINDAYASOS : Jurnal Ilmiah Perlindungan & Pemberdayaan Sosial, 01(1), 19.
Tristanto, A., Medina, S., & Restiana, R. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Desa Gede Pangrango Melalui Praktek Pekerjaan Sosial Komunitas. Altruis: Journal of Community Services, 2(2). https://doi.org/10.22219/altruis.v2i2.15964
Utama, A. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Karyawan PT Asia Forestama Raya Mengenai Perlindungan Hak-hak Tenaga Kerja Kontrak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 13. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(3), 236–242.
Copyright (c) 2024 Sandrina Miranda Simon, Nazera Nur Utami, Uut Hanafi Rochman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.