Pemanfaatan Bambu Untuk Buket Anyaman Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat
Abstract
Bambu merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang banyak tumbuh di Indonesia baik di hutan sekunder maupun hutan terbuka. Bambu juga merupakan salah satu tanaman ekonomi yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam barang, namun nilai jual dari produk bambu terbilang masih rendah. Salah satu produk yang terbuat dari bambu yaitu kerajinan anyaman. Tujuan dari program Pengabdian Masyarakat ini yaitu untuk melestarikan kerajinan anyaman serta memanfaatkan sumber daya alam bambu guna meningkatkan nilai jual serta membuka peluang usaha baru untuk masyarakat khususnya pengrajin anyaman bambu di desa Guntur, kecamatan Bener, Purworejo. Metode pelaksanaan kegiatan mulai dari persiapan, inti, dan penyelesaian. Hasil dari kegiatan ini yaitu terciptanya sebuah inovasi baru berupa buket dengan anyaman bambu yang memiliki potensi pasar yang baik dan cukup diminati konsumen. Kemudian produk tersebut diberi branding Bouquet Bamboo. Capaian selama kegiatan berlangsung yaitu terjadi peningkatan keterampilan masyarakat dalam menganyam bambu dan memproduksi buket, selain itu terjadi peningkatan pendapatan yang cukup signifikan. Dalam kegiatan ini juga berhasil menciptakan jaringan pemasaran yang lebih luas baik melalui metode online maupun metode offline. Secara keseluruhan kegiatan pengabdian ini berhasil mengangkat nilai jual bambu dan meningkatkan perekonomian masyarakat, serta mendukung perkembangan ekonomi kreatif masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya lokal.
Downloads
References
Ajina, A. S., Roy, S., Nguyen, B., Japutra, A., & Al-Hajla, A. H. (2020). Enhancing Brand Value Using Corporate Social Responsibility Initiatives: Evidence From Financial Services Brands In Saudi Arabia. Qualitative Market Research: An International Journal, 23(4), 575–602.
Anggita, N., & Ilyas, I. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Anyaman Bambu Di Desa Ketosari Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. 2(2), 52–63. https://Doi.Org/10.54066/Jkb.V2i2.1822
Arif, M. (2021). Generasi Millenial Dalam Internalisasi Karakter Nusantara. IAIN Kediri Press.
Bahri, S., & Ghozali, M. (2020). Seminar Nasional Hasil Penelitian Prefix-Reb. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal.
Baraba, R., Ariningsih, E. P., & Murhadi, M. (2022). Teknologi Informasi Untuk Memperkuat Branding Dan Positioning Yang Beretika Bagi Calon Pelaku Usaha. Surya Abdimas, 6(3), 588–595.
Fajri, A., Hajar, H., Aldira, O., Adiningtyas, R., Fitriyah, R. S., Rosyana, R., Pratiwi, A. N., Salsabila, R. I., Tsabata, R. R., & Ainurrohmah, A. (2023). Pemberdayaan Usaha Kerajinan Anyaman Industri Kreatif Penghasil Bambu Desa Kaliwungu Semarang. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 33–39.
Firdaus, A. R., Vynatria, A. D., Husna, S. L., Alfareza, M. F. N., & Hidayah, A. A. (2024). Ekonomi Kreatif Sebagai Lokomotif Baru Perekonomian Indonesia Menuju Indonesia Yang Maju. Manabis: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2), 44–52.
Hadi, Z. J., Lestari, D. E., Pratama, D., Riskika, H., Susilowati, I., Fuady, M. T., Yunus, M., Nisa’uzzakiyyah, N., Adiana, N. W., & Herianto, E. (2021). Pemberdayaan Remaja Milenial Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Home Industry Kerajinan Bambu. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 669–680.
Hayati, K., Sinaga, J. B., Fathimah, V., Sitanggang, T. N., Ginting, W. A., Sari, I. R., Astuty, F., & Dini, S. (2022). Pemberdayaan Remaja Dalam Membuat Aneka Bucket Hadiah Dan Pelatihan Pemasaran Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi, 1(1), 28–35.
Marcellina, R. J., Johan, H., Sari, A. S. P., Nazari, A. A., Waini, T. S. J., & Marlina, I. (2024). Pemanfaatan Sumber Daya Alam Kabupaten Lebong: Sumber Daya Pangan Rebung Bambu Sebagai Bahan Baku Utama Pembuatan Lemea (Makanan Tradisional Kabupaten Lebong). Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 7(1), 46–57.
Naing, N., & Hadi, A. K. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Keterampilan Disain Produk Untuk Pengrajin Bambu Di Pulau Lakkang Kota Makassar. Jurnal Dinamika Pengabdian, 6(2), 325–333.
Ngaisah, S., & Safitri, I. K. A. (2022). Pendampingan Rintisan Usaha Pembibitan Bambu Petung Dan Penyuluhan Hukum Di Dusun Paras, Desa Kembangbelor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abdi Bhayangkara, 4(01), 1231–1238.
Putri, N., & Purwanto, E. (2023). Pengembangan Kreativitas Masyarakat Melalui Workshop Kerajinan Bambu Di Desa Sumberbendo. Media Pengabdian Kepada …, 2(1), 30–37.
Rismaningsih, F., Agustine, D., & Windyasari, V. S. (2021). Pelatihan Pemasaran Online Kerajinan Anyaman Bambu Desa Rancagong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 3(2), 57–64.
Septiana, H. R., Sari, D. P., Ngazizah, F. D., Fitriana, R. B. C., & Widjajani, S. (2023). Pesona Bouquet Bamboo: Upaya Peningkatan Nilai Seni Dan Ekonomi Pada Anyaman Bambu. Jurnal Gerakan Mengabdi Untuk Negeri, 1(3), 64–71. Https://Doi.Org/10.37729/Gemari.V1i3.3866
Sri Wahyuni Ibrahim, N. (2021). Analisis Etnomatematika Pada Kerajinan Anyaman Bambu Terhadap Pemebelajaran Matematika Di Kabupaten Sukabumi. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 4(2), 35–40.
Sugiarto, R. R. (2022). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Industri Kerajinan Bambu Desa Talang Berugo Lembah Masurai Merangin Jambi. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 152–159.
Sumarlin, T., & Andriana, M. (2023). eval_uasi Sistem Akuntansi Akrual Dalam Proses Penyusunan Anggaran. Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, 3(2), 124-133.
Umar, M. (2022). Potensi Dan Pemanfaatan Bambu Apus (Gigantochloa Apus) Ditinjau Dari Aspek Ekonomi Dan Sosial Budaya Di Desa Kondongia Kecamatan Lohia Kabupaten Muna: Potensi Dan Pemanfaatan Bambu Apus (Gigantochloa Apus) Ditinjau Dari Aspek Ekonomi Dan Sosial Budaya Di . Aksara Kawanua: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(1).
Vuspitasari, B. K., & Siahaan, S. V. B. (2022). Hambatan Kearifan Lokal Anyaman Bambu Sebagai Potensi Ekonomi Kreatif Bagi Perempuan Di Desa Suka Maju. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 1237–1244.
Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195-205.
Yasier, I. (2024). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberlanjutan Usaha Umkm Kue Tradisional (Kue Bhoi) Di Gampong Sukon Mesjid Kecamatan Glumpang Tiga Kabupaten Pidie. Variable Research Journal, 1(02), 732–736.
Copyright (c) 2024 Risma Bella Choirunnisa Fitriana, Susi Widjajani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.