Pelatihan dan Pendampingan Usaha Kecil Mikro Bengkel Mobil di Kabupaten Purworejo untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pelayanan
Abstract
Bisnis usaha bengkel mobil tidak hanya bertumpu pada kegiatan pelayanan perawatan mobil, tetapi didukung fasilitas yang nyaman dan pelayanan prima. Bengkel mobil“Karunia”merupakan usaha kecil mikro dengan sejumlah keterbatasan, diantaranya adalah keterbatasan jenis jasa layanan servis, sarana prasarana, sumber dana, dan kemampuan mengelola bengkel. Tujuan dari pelatihan ini meliputi service mobil berteknologi injeksi, penerapan sistem administrasi bengkel, penyusunan laporan keuangan, manajemen pemasaran, dan manajemen Lingkungan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (LK3). Subyek sasarannya kegiatan adalah pengelola bengkel dan tenaga mekanik. Evaluasi kepuasan peserta pelatihan yang dilakukan melalui instrumen pengukuran kepuasan pelanggan. Hasil dari kegiatan pengabdian pelatihan dan pendampingan usaha kecil mikro bengkel mobil di kabupaten purworejo untuk meningkatkan daya saing pelayanan ini adalah; 1) kegiatan pengabdian yang dilaksanakan pada Bengkel Mobil “Karunia”, mendapatkan respon yang cukup baik. Indikatornya adalah baik pengelola maupun tenaga mekanik bengkel mobil mitra mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir; 2) kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada pengelola dan tenaga mekanik bengkel mobil, telah meningkatkan pengetahuan tentang teknologi injeksi dan servis terhadap mobil berteknologi injeksi, kewirausahaan dan manajemen pemasaran, sistem administrasi bengkel, pencatatan laporan keuangan, dan manajemen lingkungan, keselamatan dan kesehatan kerja (LK3); dan 3) kgiatan pelatihan dan pendampingan telah memberikan bekal bagi pengelola dan tenaga mekanik bengkel mobil untuk lebih siap dalam memberikan jasa layanan servis mobil injeksi.
Downloads
Copyright (c) 2020 Arif Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.