Pelatihan dan Penerapan E-Learning dan M-Learning di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman

  • Purnawan Purnawan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
  • Dian Hidayati Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia
Keywords: Pelatihan, E-Learning, M-Learning

Abstract

Guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran, diperlukan pengembangan suatu model pembelajaran yang inovatif dan kreatif agar proses pembelajaran tidak selalu terkesan membosankan, tidak menarik dan monoton yang dapat menghambat proses transfer ilmu. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK ) Muhammadiyah Minggir, Kabupaten Sleman, belum memaksimalkan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan belajar dan mengajar, sehingga  dirasa perlu adanya pendampingan dalam pengabdian masyarakat berupa pelatihan dan penerapan e-learning dan m-learning bagi guru di SMK Muhammadiyah Minggir. Kegiatan ini bertujuan untuk : (1) memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada guru dalam memanfaatkan e-learning dan m-learning dalam pembelajaran di SMK Muhammadiyah Minggir, Kabupaten Sleman, (2) melatih para guru untuk  memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dan memberikan media alternatif pembelajaran melalui e-learning (3) meningkatkan pengetahuan dalam membuat materi mata pelajaran, soal dan latihan kepada siswa yang mudah diakses. Metode pelaksanaan pelatihan adalah pemberian modul bagi peserta, tutorial/pendampingan, pelatihan/workshop dan evaluasi proses. Hasil dan dampak dari pelatihan ini adalah mitra semakin paham dan terampil dalam menerapkan E-learning dan M-learning dalam kegiatan pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-09
How to Cite
Purnawan, P., & Hidayati, D. (2021). Pelatihan dan Penerapan E-Learning dan M-Learning di SMK Muhammadiyah Minggir Sleman. Surya Abdimas, 5(1), 41-46. https://doi.org/10.37729/abdimas.vi.866
Section
Articles