Penilaian Keterampilan Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi pada Uji Kompetensi Kejuruan di SMK N 1 Tengaran 2021

  • Aris Abadi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Penilaian Keterampilan, Uji Kompetesi, Ujian Praktek Sistem Injeksi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterampilan siswa membaca dan memahami gambar teknik, 2) mengetahui keterampilan siswa menggunakan dan memelihara alat ukur, 3) mengetahui keterampilan siswa memelihara/servis dan memperbaiki engine management system. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif yang digunakan untuk meneliti pada obyek yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Menggunakan jenis fenomenologi dimana penyelidikan peneliti dilakukan pada suatu program, peristiwa, aktifitas, proses sekelompok individu. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan telaah data hasil uji kompetensi. Berdasarkan hasil analisis diskriptif menunjukkan bahwa penilaian keterampilan pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi pada uji kompetensi kejuruan di SMK N 1 Tengaran telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh industri dan SKKNI. Dimana penilaian keterampilan pembacaan dan pemahaman gambar teknik, pembacaan alat ukur, dan perawatan dan perbaikan Engine Management System sudah dilakuan pada uji kompetensi di SMK N 1 Tengaran dan melalui tata urutan yang tepat. Agar siswa dapat terampil pada seluruh aspek keterampilan pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi maka perlu terus menerus dilatih. Dengan membiasakan anak berlatih baik dalam pembacaan gambar teknik, pengukuran, dan perbaikan EMS maka diharapkan siswa mampu melaksanakan uji kompetensi tanpa kendala. Penambahan jam praktek bagi siswa yang akan dilaksanakan uji kompetensi juga merupakan pemecahan masalah bagi siswa yang kurang siap secara skill dalam menghadapi uji kompetensi.

References

Annisa Fauzi, J., Suswanto, H., Prasetya Wibawa, A., & Artikel Abstrak, I. (2020). Pengaruh Aspek-Aspek Tuntutan Industri terhadap Uji Kompetensi Keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan. In Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 5, Issue 1). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
BNSP. (2017). Skema Sertifikasi KKNI Level II pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.
Susanto, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran K3 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(1), 14–21. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/876
Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). CV. Jasmine.
Suwarno, S. M., & Ismanto, B. (2020). Evaluasi Tempat Uji Kompetensi Teknisi Otomotif dalam Peningkatan Mutu Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.24246/j.jk.2020.v7.i1.p98-109
Watson, A. (1994). Strategies for the assessment of competence. Vocational Aspect of Education, 46(2), 155–165. https://doi.org/10.1080/0305787940460205
Published
2021-06-01
How to Cite
Abadi, A. (2021). Penilaian Keterampilan Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Injeksi pada Uji Kompetensi Kejuruan di SMK N 1 Tengaran 2021. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(2), 98-106. https://doi.org/10.37729/autotech.v16i2.1210
Section
Articles