Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Fasilitas Praktik Pada Mata Diklat Produktif Di SMK Negeri 1 Poso Pesisir

  • I Putu Redy Irawan Jurusan Teknik Mesin Universitas Nanibili Nusantara Sorong
Keywords: Persepsi, Keefektifan, Fasilitas

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan fasilitas praktik pada mata diklat produktif di SMKN 1 Poso Pesisir dengan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel diperoleh sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket (kuesioner), data yang diperoleh diolah menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa tentang indikator persiapan praktik yang diukur melalui beberapa aspek diperoleh data antaralain yaitu, 1). aspek persiapan alat termasuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 34,78%, 2). aspek persiapan bahan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 39,13%, 3). aspek persiapan tempat termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 30,43%. Indikator pelaksanaan praktik yang diukur melalui beberapa aspek diperoleh data antara lain yaitu, 1). aspek peranan guru termasuk dalam kategori cukup baik dengan persentase sebesar 34,78%, 2). aspek pelaksanaan jobsheet termasuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 43,48%, 3). aspek pengaplikasian SOP termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 39,13%, 4). aspek peranan laboran termasuk dalam kategori kurang baik dengan persentase sebesar 26,09%, dan 5). aspek K3 termasuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 30,43%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penilaian responden terhadap aspek persiapan alat, aspek pelaksanaan joobsheet, dan aspek peranan laboran masih dalam kategori kurang baik sedangkan untuk aspek lainnya responden memberi penilaian di atas kategori ketiga aspek tersebut.

References

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi revisi 2010 Jakarta : Rineka Cipta.
............. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara
Ariyanto. 2011. “Pengaruh Penggunaan Fasilitas Bengkel Dan Perawatan Lingkungan Praktik Terhadap Prestasi Praktik Kerja Kayu Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Teknik Dasar Konstruksi Bangunan Di Smk Negeri 1 Seyegan, Sleman, Yogyakarta”. Yogyakarta : Desertasi Tidak Diterbitkan.
Daryanto. 2010. Keselamatan kerja peralatan bengkel dan perawatan mesin. Bandung : Alfabeta.
Depdiknas. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum SMK. Jakarta
Komaruddin. 2006. Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah. Jakarta : Bumi Aksara.
Miftah, Toha 2003. Perilaku Organisasi Konsep Dasarr Dan Aplikasnya. Jakarta:PT Raja Karya
Mulyono Abdulrahman. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuatitatif Kualitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.
................. 2006. Statistika Untuk Penelitian. Cetakan Ketujuh, Bandung : Alfabet
................. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sunaryo, 2004. Psikologi untuk keperawatan. Jakarta: EGC
Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi Offse
Published
2021-06-01
How to Cite
Redy Irawan, I. P. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Fasilitas Praktik Pada Mata Diklat Produktif Di SMK Negeri 1 Poso Pesisir. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16(2), 107-118. https://doi.org/10.37729/autotech.v16i2.1211
Section
Articles