PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALAT UKUR MEKANIK PADA SISWA KELAS X TKR SMK PANCASILA KUTOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan presentase kelulusan siswa pada pembelajaran Alat Ukur Mekanikmelalui model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI)siswa kelas X Teknik Kendaraan RinganA SMK Pancasila Kutoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian kelas X Teknik Kendaraan Ringan A siswa SMK Pancasila Kutoarjo yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observasion) dan metode tes.Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan presentase kelulusan siswa yaitu pada pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada observasi pra tindakan nilai rata-rata siswa yaitu 60,57 dengan presentase kelulusan siswa mencapai 33,33%, pada siklus I nilai rata-rata siswa ada peningkat menjadi 72,40 dengan presentase kelulusan siswa mencapai 59,25% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 77,59 dengan presentase kelulusan siswa mencapai 77,78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan A SMK Pancasila Kutoarjo dengan ditandai meningkatnya hasil belajar.
References
Arikunto, Suharsimi. dkk, (2011). Penelitian tindakan kelas.Jakarta : PT Bumi Aksara. Faizin, F., & Suyitno, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN STAND PENGISIAN BATERAI SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5383/4921 Hariyanto, S., & Suyitno, S. (2019). PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CHASIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DI SMK PN PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(01). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5694 Indriati, K., & Suyitno, S. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGIKUTI KURSUS STIR MOBIL DILEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN MAHKOTA GRASS PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5399/4937 Muchlis, M., Suyitno, S., & Jatmoko, D. (2019, December). Developing A Props of Fire Extinguishers Cutting to Enhance Student’s Learning Outcomes of The K3 Studi at Muhammadiyah University Purworejo. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 2, No. 1). http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/ice/article/download/1147/982 Sumanang, Y. P., Suyitno, S., & Sudarsono, B. (2020, May). The Influence of Learning Style and Creativity Toward Student Achievement Index. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 2, No. 1). http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/ice/article/view/1155/1059 Suyitno, S. (2014). Sistem Pemindah Tenaga (SPT) Otomotif. Danadyaksa. Yogyakarta. Suyitno, S. (2015). Pengukuran Teknik Otomotif. K-Media. Yogyakarta. Suyitno, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Alfabeta. Bandung. Suyitno, S. (2019). Design of Hydraulic Operated Clutch on Typical Motorcycle. Automotive Experiences, 2(2), 41-46. http://journal.ummgl.ac.id/index.php/AutomotiveExperiences/article/view/2631 Suyitno, S. (7). Teknik Menguasai Auto CAD 2D dan 3D. K-Media. Yogyakarta. Suyitno, S., Pardjono, P., & Sofyan, H. (2017). Work Based Learning Terintegrasi Konsep, strategi dan implementasi dalam pendidikan kejuruan.