PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL SCANNER MOTOR TIPE MASTER MST-100p UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI TBSM DI SMK PN 2 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran Sistem EFI 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran Audio Visual pada jurusan TBSM SMK PN 2 Purworejo 3) mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas XI TBSM di SMK PN 2 Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode Reseach and Development (R & D) prosedur pengembangan media pembelajaran audio visual meliputi, Analysis, Design, development, Implementation, Evaluation (ADDIE). Hasil penelitian ini Pada minat belajar siswa menunjukan bahwa minat belajar siswa yang tidak menggunakan media audi visual dan yang menggunakan media audio visual. Perbandingan minat belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas kontrol 70,69 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 82,50.
References
Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Suardi, Moh. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian & Pengembangan, Research and Development. Bandung: Alfabeta Surahman, W. T., & Suyitno, S. (2019). OTOMOTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TKR SMK N 1 SAPURAN WONOSOBO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5398/4936
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan media pembelajaran. Sukabumi : CV jejak, anggota IKAPI Suyitno, S. (2014). Sistem Pemindah Tenaga (SPT) Otomotif. Danadyaksa. Yogyakarta. Suyitno, S. (2015). Pengukuran Teknik Otomotif. K-Media. Yogyakarta. Suyitno, S. (2018). Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Alfabeta. Bandung. Suyitno, S., & Pardjono, P. (2018). Integrated work-based learning (I-WBL) model development in light vehicle engineering competency of vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(1), 1-11. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/14360/10387 Suyitno, S., Pardjono, P., & Sofyan, H. (2017). Work Based Learning Terintegrasi Konsep,strategi dan implementasi dalam pendidikan kejuruan. Suyitno, S., Widianto, I., & binti Masrul, S. (2018). Development of learning media for the course of two-stroke gasoline motors to improve students’ learning outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(1), 83-90. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/18008/10719
Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing
Ummyssalam A.T.A Duludu. 2017. Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran. Sleman: CV BUDI UTAMA Wahyuningsih, S., & Suyitno, S. (2019). PENGARUH KEMAMPUAN PRAKTIK TUNE UP MOBIL TERHADAP KESIAPAN MELAKSANAKAN PRAKTIK INDUSTRI MAHASISWA PTO UM PURWOREJO. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 13(02). http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/autotext/article/view/5401/4939