PENINGKATAN PERFORMA AC MOBIL MELALUI PERCEPATAN PEMBUANGAN KALOR KE DALAM GAS-FUEL VAPORIZER SYSTEM DENGAN KENDALI FLOW-DIVERTION VALVE
Abstract
Konsep sistem bahan bakar gas secara umum menggunakan unit penguap (vaporizer) yang mengambil kebutuhan kalor melalui aliran air pendingin (engine-cooling system). Sistem kerja vaporizer yang membutuhkan suplay kalor memiliki potensi untuk membantu pembuangan kalor dalam hal ini sistem AC kendaraan. Sebuah metode dipilih dengan pemasangan penukar kalor kalor antara sistem AC dan vaporizer. Untuk optimalisasi kinerjanya digunakan sebuah katup kontrol flow-divertion valve (FDV) untuk menyesuaikan kebutuhan kalor pada sistem bahan bakar gas.
Hasil analisa data menunjukkan terjadi perubahan enthalpy (h) refrigerant sebelum dan sesudah katup ekpansi/ pipa kapiler yaitu h3 dan h4 turun pada 240 kJ/kg. COP sedikit mengalami peningkatan dengan angka efisiensi naik sebesar 0,03. Thermostat sebagai saklar pengontrol suhu kabin mengalami kerja lebih singkat yaitu turun dari 2,5 menit ke 2 menit, hal ini menandakan bahwa kerja kompresor AC lebih singkat. Kerja kompresor yang singkat akan mampu memangkas beban kerja mesin sehingga ada penurunan konsumsi bahan bakar dibanding sebelumnya.
References
Cengel,YA,. Boles, MA,. (2005), Thermodinamics, an engineering approach, Mc Graw-Hill.
Ceviz, M A., YÜksel, F. (2005). Cyclic variations on LPG and gasoline-fuelled lean burn SI engine, Renewable Energi 31 (2006) 1950–1960.
Datta, S P., Das, P K., Mukhopadhyay, S. (2014). "Effect of Refrigerant Charge, Compressor Speed andAir Flow Through the Evaporator on the Performance of an Automotive Air Conditioning System".International Refrigeration and Air Conditioning Conference. Paper 1470.
Pottker, G., Hrnjak, PS. (2012). "Effect of Condenser Subcooling of the Performance of Vapor Compression Systems:Experimental and Numerical Investigation". International Refrigeration and Air Conditioning Conference. Paper 1328.
Setiyo, M (2016) “A simulation for predicting potential cooling effect on LPG-fuelled vehicles” AIP Conference Proceedings 1717, 030002