ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BENGKEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKNIK OTOMOTIF

  • Zidan Muhamad Rizqy Universitas Pendidikan Indonesia
  • Satria Muzaki Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanda Anugrah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mochamad Whilky Rizkyanfi Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Fasilitas Bengkel, Efektivitas, Pembelajaran Teknik Otomotif, Fasilitas bengkel, efektivitas, pembelajaran teknik otomotif

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) Mengetahui penilaian mahasiswa teknik otomotif terhadap ketersediaan fasilitas bengkel yang ada di kampus. (2) Mengetahui pengaruh signifikan yang dihasilkan dari ketersediaan fasilitas bengkel terhadap efektivitas pembelajaran teknik otomotif. (3) Mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guna meningkatkan evektivitas pembelajaran teknik otomotif dengan memaksimalkan ketersediaan fasilitas bengkel. Metode kuantitatif serta kualitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan upaya menyebarkan angket kuesioner dalam bentuk Google Form mengenai ‘Kepuasan Mahasiswa Terhadap Fasilitas Bengkel dan Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Teknik Otomotif’. Responden adalah 62 mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Otomotif pada salah satu Universitas Negeri di Kota Bandung. Setelah data berhasil diperoleh, penulis melakukan analisis mendalam guna memahami keterkaitan yang relavan dengan topik yang dibahas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diperoleh kesimpulan bahwa  mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif puas dengan fasilitas bengkel di kampus, fasilitas bengkel sangat mempengaruhi efektivitas pembelajaran, upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui perbaikan, pelatihan, dan umpan balik.

References

Abbas, Salim. (2000). Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Abidin, M. Z. (2015). Perancangan Pusat Rekayasa dan Modeling Otomotif di Kota Malang: Tema Dekonstruksi Arsitektur. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Asep Abdul Salam. (2013). Sejarah Otomotif. Diakses {Online} dari: http://etheses.uin malang.ac.id/2429/7/10660058_Bab_2.pdf.
Bafadal Ibrahim. (2014). Manajemen Pelengkapan sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bastian, Indra. (2010). Akuntansi Sektor Publik: Sektor Publik: SuatuPengantar. Edisi ketiga. Penerbit Jakarta: Erlangga. hlm. 10.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, Inc.
Djaali. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. hlm. 112.
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. hlm. 14.
Fauzi, G., Widiyatmoko, & Suyitno. (2022). PENERAPAN MEDIA AUDIO VIDEO SISTEM REM CAKRAM SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. AutoTech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 17(2), 131-132.
Feby Luisa M. (2016). Identifikasi Kelayakan Fasilitas Bengkel Pemesinan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Smk Negeri 2 Yogyakarta. Skripsi Sarjana. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia pada: https://eprints.uny.ac.id/44255/1/Feby%20Luisa%2015.pdf. Diakses pada 18 Maret 2023.
Haresti, Rizki (2021). PROSES KOMUNIKASI PADA EVENT HOTROD WEEKEND PARTY TAHUN 2018. S1 thesis. Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tersedia pada: https://e-journal.uajy.ac.id/25292/. Diakses pada 17 Maret 2023.
Ica Handayani. (2019). Literasi Pakaian Adat Melayu Jambi Di Kalangan Masyarakat Kelurahan Kenali Besar Kota Jambi. Skripsi Sarjana. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Tersedia pada: http://repository.uinjambi.ac.id/2908/1/ICA%20HANDAYANI%20%28IPT.150432%20SKRIPSI%29%20JADI%20-%20Ica%20Handayani.pdf. Diakses pada 18 Maret 2023.
Kadji, F. K. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. hlm. 38.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Otomotif. Diakses {Online} dari: www.kbbi.web.id.
Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. hlm. 56.
Sihombing, R., & Munthe, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Teori dan Praktik. Jakarta: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. hlm. 8.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyitno, S. (2016). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGUKURAN TEKNIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 101-109.
Suyitno, S. (2022). EVALUASI PERAN GURU PRODUKTIF OTOMOTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) MELALUI GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 5(1), 17-26.
Tim Dosen AP UNY. (2011). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2019). Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Published
2024-01-22
How to Cite
Muhamad Rizqy, Z., Muzaki, S., Anugrah, N., & Whilky Rizkyanfi, M. (2024). ANALISIS PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BENGKEL DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEKNIK OTOMOTIF. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 19(1), 33-46. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/4362