Pengembangan Modul Pembelajaran Praktik Mata Kuliah Pneumatik Hidrolik Dengan Pendekatan Saintifik Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merencanakan, membuat, dan menguji kelayakan modul pembelajaran yang benar dan dapat dimengerti, dan dipergunakan dalam pembelajaran Pneumatik Hidrolik. Pendekatan penelitian yang dipergunakan yaitu Research and Development yang berlokasi di Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam waktu satu tahun. Obyek penelitian ini berupa pembuatan modul pembelajaran pneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik dalam mata kuliah pneumatik hidrolik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kuantitatif. Langkah-langkah dalam penelitian ini terdiri dari: (a) analisis awal, (b) pengembangan modul pembelajaran, (c) pengembangan desain produk, (d) evaluasi produk, (e) implementasi dan evaluasi akhir. Proses validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi pneumatik hidrolik dan satu orang ahli media modul pembelajaran pneumatik hidrolik. Subyek uji coba terdiri dari: delapan orang mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh mahasiswa untuk uji coba kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian, menunjukkan: 1) prosedur pengembangan modul pembelajaran pneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik meliputi pencarian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, pengujian produk, revisi produk dan pemakaian produk. 2) modul pembelajaran pneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan layak digunakan sebagai modul pembelajaran mata kuliah pneumatik hidrolik, di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosen ahli materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium. 3) hasil uji t membuktikan bahwa modul pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasil belajar (thitung = -5,247 dan p = 0,000) mahasiswa Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui respon mahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 86.50% dan uji coba kelompok besar memperoleh skor 88.00%. Dengan demikian modul pembelajaran pneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik telah berhasil meningkatkan hasil belajar mahasiswa.