Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa di Smk Ma’arif 1 Kebumen

  • Maschoer Maschoer Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Bambang Sudarsono Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Think pair share, Kerjasama, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) tingkat kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi Alat Ukur di SMK Ma’arif 1 Kebumen dan (2) peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi sistem bahan bakar di SMK Ma’arif 1 Kebumen sebelum dan sesudah penerapan metode Think Pair Share. Penelitian merupakan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajara pada kelas X TKR SMK Ma’arif 1 Kebumen yang berjumlah 39 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode Think Pair Share dalam pembelajaran materi sistem bahan di SMK Ma’arif 1 Kebumen dilakukan sesuai tahapan pelaksanaannya, yaitu tahapan think (berfikir), pair (berpasangan) dan share (berbagi) dengan pembelajaran diskusi kelompok. (2) Peningkatan kerjasama belajar siswa dalam pembelajaran materi sistem bahan bakar di SMK Ma’arif 1 Kebumen sebelum dan sesudah penerapan metode Think Pair Share adalah sebesar 63% (sedang) dan meningkat menjadi 82% (baik) pada siklus II. Sedangkan hasil belajar terjadi peningkatan nilai sebesar 74,49.

Published
2019-06-28
How to Cite
Maschoer, M., & Sudarsono, B. (2019). Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kerja Sama dan Hasil Belajar Siswa di Smk Ma’arif 1 Kebumen. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 14(2), 93-98. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/541
Section
Articles