PENGARUH MEDIA PRAKTIKUM DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN BODY KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN

  • Ahmad Muzayyin Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Media praktikum, berpikir kritis, hasil belajar, Media praktikum, berfikir kritis, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh media praktikum terhadap hasil belajar sistem kelistrikan body kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen, 2) mengetahui pengaruh berpikir kritis terhadap hasil belajar sistem kelistrikan body kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen dan 3) mengetahui pengaruh media praktikum dan berpikir kritis terhadap hasil belajar sistem kelistrikan body kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen. Variabel dalam penelitian ini yaitu media praktikum, berpikir kritis dan hasil belajar.

            Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan teknik proportional stratified random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Kebumen dengan jumlah 81 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner media praktikum, berpikir kritis dan hasil belajar. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji signifikan parameter individual (uji statistik t), uji signifikansi simultan (uji statistik F), dan koefisien determinasi (R2).

            Terdapat pengaruh 1) media praktikum terhadap hasil belajar menunjukan nilai sebesar 22,3%. Terdapat pengaruh 2) berpikir kritis terhadap hasil belajar menunjukan nilai sebesar 20,3%. Terdapat pengaruh 3) media praktikum dan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan hasil uji menunjukan nilai 27,6% secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Jadi semakin banyak penggunaan media praktikum dan semakin tinggi berpikir kritis siswa semakin tinggi pula hasil belajarnya demikian juga sebaliknya semakin sedikit penggunaan media praktikum dan semakin rendah berpikir kritis siswa maka semakin rendah pula hasil belajarnya.

References

Afriyanto, E. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Alat Peraga pada Materi Hukum Biot Savart di SMAN 1 Prambanan Klaten. JRKPF UA. 2(1).
Andira, D.M.M. 2019. Pelaksanaan praktikum ipa berdasarkan eval_uasi guru dan siswa di smp kabupaten Sragen tahun ajaran 2018/2019. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bagus, T. 1997. Hubungan antara berpikir kritis dengan situasi accountable dan nilai. Universitas Indonesia.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ennis, R. H. 2009. Critical thinking assessment. Theory Into Practice, 32(3), 179—186. DOI:10.1080/00405849309543594.
Facione, P.A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Measured Reasons LLC & Insight Assessment:California.
Ganing, R. M. 2016. Pengaruh Berpikir Kritis Dan Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMAN 4 Palopo. Skripsi. IAIN Palopo.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayatullah, A. 2021. Pengaruh motivasi belajar dan manajemen kelas terhadap hasil belajar siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4).
Indah, B.P., & Safaruddin. 2022. Pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran. Jurnal ilmu terapan, 3(1).
Indriani, S.P.I., Giri, I.M.A., Ardiawan, I.K.N. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Praktikum Sederhana Terhadap Hasil Belajar IPA. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 5 (1).
Isnaini, S.N., Firman, Desyandri. 2023. Penggunaan media video pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal pendidikan dasar, 7(1).
Janie, D.N.A. 2012. Statistik Deskriptif dan Analisis Regresi Berganda dengan SPSS. Semarang: Semarang University Press.
Kurniasari, Y. 2014. Pengaruh pembelajaran ips terpadu terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan bermakna pada siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.
Maarif, N. 2016. Persepsi siswa terhadap pelaksanaan kegiatan praktik di laboratorium ipa smp it al umar ngargosoka srumbung kabupaten magelang.
Maslow, A.H. 1970. Motivation and personality. USA: Harper and Row Publication
Nainggolan, M. (2021) pengembangan media pembelajaran mobile learning menggunakan ispring suite 9 berbasis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Pratama, F., Firman, Neviyarni. (2019). Pengaruh motivasi belajar ipa siswa terhadap hasil belajar di sekolah dasar negeri 01. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(3).
Purwanto. 2011. eval_uasi Hasil Belajar. Yokyakarta: Pustaka Belajar
Rahmawati, Farida. 2011. Skripsi: Menigkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang dengan Menerapkan Tipe Numbered Together Pada Siswa Kelas V SD Negeri Balerejo 01 Kebon sari Madiun Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Riyanti, Y., Wahyudi, & Suhartono. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(4)
Scheffer, B. K., & Rubenfeld, M. G. (2000). A consensus statement on critical thinking in nursing. Joural of Nursing Education, 39, 352-359.
Sriyono. 1992. Teknik belajar mengajar dalam Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana. (2008). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprihatiningrum, J. 2016. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Syafaruddin. 2014. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Hijri Pustaka Utama
Wawan, D. 2012. Pengaruh kesiapan fasilitas dan sikap penggunaan peralatan praktik terhadap prestasi praktik memperbaiki motor listrik siswa kelas xi smkn 1 Sedayu. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Widayanti, W. 2017. Pengembangan alat praktikum sederhana dan lembar kerja praktikum percobaan melde berbasis project based learning (pjbl). Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Yusuf, A.M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Published
2024-06-11
How to Cite
Muzayyin, A. (2024). PENGARUH MEDIA PRAKTIKUM DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM KELISTRIKAN BODY KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK MA’ARIF 1 KEBUMEN. Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, 19(02), 47-54. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/autotech/article/view/6133