PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TEKNIK DAN BISNIS SEPEDA MOTOR SMK PN 2 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan media animasi pada pembelajaran alat ukur di kelas X TBSM SMK PN 2 Purworejo. (2) Untuk mengetahui berapa besar peningkatan minat belajar siswa kelas X TBSM SMK PN 2 Purworejo setelah penerapan model pembelajaran model Group Investigation (GI) dengan media animasi.
Desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek siswa sebanyak 20 di kelas X TBSM PN 2 Purworejo. Prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus yang berlangsung selama dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan pendahuluan, observasi, dan pemberian kuesioner (angket), dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Group Investigation (GI) dengan media animasi mengalami peningkatan presentase minat belajar. Dilihat dari hasil minat belajar pada siklus I yang kemudian berlanjut ke siklus II. Peningkatan rata-rata pada siklus I yaitu sebesar 49,7 dan persentase 62,125%, kemudian minat belajar siswa meningkat pada siklus II, dengan rata-rata 74,9 dan persentase 93,625%. Perubahan hasil minat belajar dikarenakan siswa sudah aktif dalam proses pembelajaran, pada siklus I siswa cenderung mengabaikan materi dan proses pembelajaran, Dilanjutkan siklus II, peneliti lebih intens dalam menjelaskan materi menggunakan model Group Investigation (GI), setelah melakukan siklus 2 ini didapat hasil minat belajar yang sangat baik.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Buku Panduan Skripsi UMPWR Tahun 2023
Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Eko Putro Widoyoko, S. 2016. Teknik-teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diunduh dari http://kbbi.web.id/ diakses pada tanggal 29 November 2022
Rusman, 2018 Model model pembelajaran: pengembangan profesionalisme guru. Depok: Rajawali Pers.
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suyitno. 2018. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimen dan R & D. Bandung: Alfabeta
Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya