Pembangunan Sistem Informasi Pelaporan Keluhan Layanan TI Menggunakan Metode Waterfall Di BPS Provinsi Sulawesi Barat

  • Uhat Dies Toga Julius Badan Pusat Statistik
  • Syaifur Rijal Syamsul

Abstract

Laporan keluhan pengguna layanan teknologi infromasi (TI) perlu mendapat penanganan segera agar tidak menggangu jalannya kinerja instansi. Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Barat be-lum memiliki sistem informasi berbasis komputer untuk melaporkan keluhan pengguna layanan TI. Hal ini menyebabkan pelaporan keluhan layanan TI tidak terdokumentasi dengan baik yang dapat berakibat pada terkendalanya penanganan keluhan layanan TI. Penelitian ini bertujuan un-tuk menghasilkan sistem informasi berbasis web untuk menyelesaikan masalah pelaporan kelu-han layanan TI. Manfaat dari pembangunan sistem ini bagi pengguna layanan TI adalah memu-dahkan pelaporan keluhan layanan TI dan bagi petugas yang menangani keluhan layanan TI dapat meningkatkan kinerjanya. Pembangunan sistem informasi yang dilakukan menggunakan metode waterfall. Dalam merancang sistem informasi ini digunakan Use Case Diagram, Activity Diagram, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Dalam membangun sistem informasi ini digunakan bahasa pemrograman PHP, framework Laravel, dan dengan basisdata MySQL. Untuk menguji fungsionalitas sistem informasi yang telah dibangun digunakan metode Black Box. Dari pengujian terhadap beberapa skenario yang disiapkan diperoleh hasil sesuai yang diharapkan.

Complaint reports from information technology (IT) service users need to be handled immediately so as not to interfere with the performance of the agency. Statistics of Sulawesi Barat Province does not yet have a computer-based information system to report complaints from users of IT services. This causes the reporting of IT service complaints to be not well documented which can result in obstacles in the handling of IT service complaints. The purpose of this research is to produce a web-based information system to solve IT service complaint reporting problems. The benefit of building this system for IT service users is that it makes it easier to report IT service complaints and for officers who handle IT service complaints, it can improve their performance. Information system development is carried out using the waterfall method. In designing this information system, Use Case Diagrams, Activity Diagram, and Entity Relationship Diagrams (ERD) are used. This information system was built using the PHP programming language, Laravel framework, with the MySQL database. To test the functionality of the information system that has been built, the Black Box method is used. From the testing of several prepared scenarios, the expected results were obtained.

Published
2021-05-29
How to Cite
Julius, U. D. T., & Syamsul, S. R. (2021). Pembangunan Sistem Informasi Pelaporan Keluhan Layanan TI Menggunakan Metode Waterfall Di BPS Provinsi Sulawesi Barat. INTEK : Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.37729/intek.v4i1.1119
Section
Articles