Pembelajaran TLJ Menggunakan PjBL dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Teknologi Layanan Jaringan dengan menggunakan model Project Base Learning. Project Base Learning merupakan model yang sangat menarik dan mulai banyak diterapkan beberapa tahun terakhir ini karena menekankan pada efektivitas pembelajaran. Melalui Project Base Learning pembelajaran berlangsung dengan mencari solusi atas permasalahan keseharian yang ditemui. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian terdiri dari 35 siswa kelas XI TKJ A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan dokumentasi penilaian hasil belajar dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif komparatif. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan model Project Base Learning efektif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Teknologi Layanan Jaringan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan siswa secara praktikal dari pra siklus yang hanya sebesar 65,71% meningkat menjadi 77,14% pada siklus I, meningkat menjadi 85,71% pada siklus ke II, dan terus meningkat pada siklus ke III mencapai 88,57%. Sedangkan presentase hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 75%, meningkat menjadi 83% pada siklus II, dan terus meningkat pada siklus ke III mencapai 88%.
Copyright (c) 2023 Wuri Setyowardani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.