Analisis Kualitas E-Learning Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis
Abstract
Sistem e-learning pada MAN 1 Kebumen sampai saat ini telah lama digunakan. Namun belum pernah teruji dan terukur seberapa jauh dampak sistem e-learning tersebut bermanfaat bagi guru dan siswa. Penelitian ini berupaya mengetahui sejauh mana sistem e-learning memberikan pelayanan bagi siswa dan guru. Pertanyaan lain yang diusulkan pada penelitian ini yaitu apa perbaikan dan pengembangan yang dapat dilakukan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode Webqual 4.0 untuk mengetahui dimensi usability, information dan service interaction. Metode Importance Performance Analisys (IPA) digunakan untuk menentukan prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan Webqual Index (WQI) menghasilkan 0,77 yang masuk interval 0,60 – 0,79. Sehingga e-learning yang digunakan pada MAN 1 Kebumen berkategori Baik. Hasil dari Metode Importance Performance Analisys (IPA), perbaikan e-learning masuk kategori kuadran I yaitu tingkat kinerja rendah namun harapan pengguna guru dan siswa lebih tinggi. Dengan demikian penggunaan e-learning masih sangat diharapkan berkinerja baik dalam mendukung proses pembelajaran dan akademik.
References
Utomo ADM, Pratama A, Safitri EM. Analisis Kualitas Website Menggunakan Model Webqual 4.0 Studi Kasus: Website Spekma Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro. Merkurius J Ris Sist Inf dan Tek Inform. 2024;2(3):1–10.
Ismail I, Al-Bahri FP. WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) : Eksplorasi Kualitas Situs Web e-Kuisioner. J JTIK (Jurnal Teknol Inf dan Komunikasi). 2019;3(2):52.
Winardi CB, Pramiyati T, Wadu RMB. Analisis Penilaian Pengguna terhadap Kualitas Layanan Website Yayasan Beasiswa Jakarta Menggunakan Metode Webqual 4.0. In: Senamika [Internet]. Jakarta, Indonesia: Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA); 2021. p. 260–73. Available from: https://conference.upnvj.ac.id/index._php/senamika/article/view/1333
Arnomo SA, Harman R, Nopriadi N. Model Importance Performance Analysis Dan Webqual Untuk eval_uasi Website. J Desain Dan Anal Teknol. 2022;1(1):36–44.
Devitasari D, Wati T, Sarika S. Analisis Kualitas Website Tokome Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. J Inform Univ Pamulang. 2021;6(1):57.
Pinontoan MS, Rachmat A, Delima R. Penerapan Metode Waterfall Dan Webqual 4.0 Pada Pengembangan Website Dealer Asa Mandiri Motor. J Tek Inform dan Sist Inf. 2019;5(2):201–11.
Marlina M, Santoso YP, Kelvin K, Andry JF. Analisis Pengaruh Website Fashion Macadamia House Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Webqual 4.0. J Teknoinfo. 2019;13(2):63.
Nur Rahmaini S. Analisis Kualitas Website Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analisis [Internet]. Program Studi Sistem Informasi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2018. Available from: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065
Azmi RK, Krisnanik E, Indarso AO. Analisis Kualitas Website E-Learning Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4 . 0 Dan Importance-Performance Analysis ( IPA ) Berdasarkan Perspektif Mahasiswa. In: SENAMIKA. 2021. p. 353–62.
Rachmawati NL, Krisbiantoro D. eval_uasi Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction. J Inf Syst Manag. 2021;3(2):29–35.
Handika R, Hasbi M, Susyanto T. Analisis Kualitas Website E-Learning Universitas dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis. J Ilm SINUS. 2022;20(2):67.
Sutrisno ER, Agustina F. Analysis of e-Course LePKom Gunadarma University Website Quality Uses Webqual 4.0 Method and Importance Performance Analysis. Int Res J Adv Eng Sci [Internet]. 2021;6(3):107–13. Available from: https://kursusvmlepkom.gunadarma.ac.id.
Pamungkas RA. Analisis Kualitas Website Smk Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysist (Ipa). J Tekno Kompak. 2019;13(1):12.
Meyliana A. Pengukuran Kualitas Situs Jual Beli Online Menggunakan Metode Webqual. Indones J Softw Eng. 2018;4(1):14–20.
Warni H, Sutabri T. Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Pada AMIK Bina Sriwijaya Palembang. Indones J Multidiscip Soc Technol. 2023;1(2):128–34.
Sundari I, Hadisaputro EL. Implementasi Servqual dan Importance Performance Analysis Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Aplikasi Shopee Indonesia. J Sos Teknol. 2022;2(4):330–41.
Antika AR. Menakar Kualitas Layanan Website Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis Dalam Kurun Waktu Tertentu. BULLET J Multidisiplin Ilmu [Internet]. 2023;2(05):1174–83. Available from: https://www.journal.mediapublikasi.id/index._php/bullet/article/view/3642%0Ahttps://www.journal.mediapublikasi.id/index._php/bullet/article/download/3642/2057
Fernando Y, Apriyani C, Pasha D, Alamsyah D. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual dan Importance Performance Analysis (IPA) Pada Website Pondok Pesantren Al-Hidayah Pringsewu. Resolusi Rekayasa Tek Inform dan Inf. 2022;2(6):251–7.
Qadhafi MS, Pertiwi A. Analisis Kualitas Website Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangranggo Menggunakan Metode Webqual 4.0. J Teknol Inf dan Ilmu Komput. 2022;9(4):867.
Agung Kurniawan W, Puspitaningtyas Z. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pe. W. Kurniawan A, editor. Vol. 01, Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jogokaryan MJ III/503 Mantrijeron, Yogyakarta: PANDIVA BUKU; 2016. 1–212 p.
Pamungkas AR, Alfarishi E, Aditiarna E, Muklhisin A, Aziza RFA. Analisis Kualitas Website SMK Negeri 2 Sragen Dengan Metode Webqual 4.0 dan IPA. J TEKNOKOMPAK. 2019;13(1):12–7.
Copyright (c) 2024 Masnu Ahamd Mubaroq, Ike Yunia Pasa, Wahju Tjahjo Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.