Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

  • Eva Yuriana Ambarwati MTs NU AL-Mahfud
  • Bambang Priyo Darminto Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Puji Nugraheni Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: berbasis masalah, flipbook, hasil belajar, pengembangan media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengetahui kevalidan, kepraktisan, serta keefektifan media pembelajaran flipbook berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi aturan sinus dan cosinus pada siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) untuk menghasilkan sebuah produk. Subjek penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas X IPS 2 SMA N 1 Sapuran tahun pelajaran 2021/2022.Hasil analisis data kevalidan oleh ahli media diperoleh skor 3,5 dinyatakan sangat valid dan diperoleh skor 3,18 yang dinyatakan valid oleh ahli materi. Dari analisis data kepraktisan berdasarkan angket respon siswa diperoleh skor 3,21 yang dikategorikan praktis. Untuk hasil keefektifan dengan uji N-Gain diperoleh 0,6983 dengan kategori sedang. Hasil belajar matematika setelah menggunakan media pembelajaran flipbook berbasis masalah mengalami peningkatan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media flipbook berbasis masalah masuk dalam kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

References

Apriansyah, M. R. A., Sambowo, K. A., & Maulana, A. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 8–18.

Diani, R., & Hartati, N. S. 2018. Flipbook Berbasis Literasi Islam: Pengembangan Media Pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244.

Erni Puji Astuti, Riawan Yudi Purwoko, Adi Amin Gunawan. (2021). Development of Learning Media Assisted by Android Studio to Explore Mathematical Ability of Junior High School Students. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 1-11.

Harisnamudha, C. E. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Software Aurora 3D Presentation untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Siswa SMP. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Hewi, L., & Shaleh, M. 2020. Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 04(1), 30–41.

Inayatusufi, C., Hakim, L. El, & Sari, P. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis melalui Model Kooperatif Tipe Scramble dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 28–37.

Karo, I. R., & Rohani. 2018. Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOMA, 7 (1), 91-96.

Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. 2019. Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1–8.

Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. 2017. Pengembangan Alat Peraga pada Materi Usaha dan Energi untuk Melatihkan Keterampilan Proses SAINS melalui Model Iquiri Discovery Learning ( IDL Terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 351–367.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pebelajaran sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan, 1(1), 95–105.

Murniati, S., Roza, Y., & Maimunah. 2021. Analisis Kesesuaian Materi Himpunan Buku Teks Siswa Matematika Kelas VII terhadap Kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 177–188..

Nusaibah, N., & Murdiyani, N. M. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Lingkaran untuk Siswa Kelas VIII SMP. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 475–482.

Pebrianti, F. 2019. Kemampuan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, 93–98.

Pujiadi. 2016. Kurikulum Matematika 2 dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Purwoko, R. Y. (2017). Urgensi pedagogical content knowledge dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(2), 42–55.

Purwoko, R. Y., Nugraheni, P., & Instanti, D. (2019). Implementation of pedagogical content knowledge model in mathematics learning for high school. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 1–6.

Rahmiati, Musdi, E., & Fauzi, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovary Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP. Mosharafa, 6(2), 267–272.

Rindaryati, N. 2021. E-Modul Counter Berbasis Flip Pdf pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Jurnal Ilmiah Pendidkan dan Pembelajaran, 5(2), 192–199.

Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Roosyanti, A. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jurnal Pena Sains, 4(1), 60–73.

Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H.(2015. Pengembangan Multimedia Berbasis Masalah untuk Mmeningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153–166.

Wulandari, V., Abidin, Z., & Praherdhiono, H. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran E-book Infografis sebagai Penguat Kognitif Siswa X MIA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 37–44.

Published
2022-11-30
How to Cite
Ambarwati, E. Y., Darminto, B. P., & Nugraheni, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika (JIPM), 4(2). https://doi.org/10.37729/jipm.v4i2.2402
Section
Articles