Pengembangan Ketrampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Biologi Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Materi Enzim

  • Rina Astuti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Seila Rohmaniah Washul Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Almas Halawatal Imani Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Ketrampilan Berpikir Kreatif, Resiprocal Teaching, Materi Enzim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketrampilan berpikir kreatif mahasiswa biologi pada materi enzim melalui reciprocal teaching dan pengaruhnya terhadap penggunaan reciprocal teaching ketrampilan berpikir kreatif pada mahasiswa pendidikan biologi. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Penelitian ini mengkaji hubungan variabel-variabel yang terdiri atas dua bagian, yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Faktor pembelajaran model reciprocal teaching sebagai variabel bebas, dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa sebagai variabel terikat. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji-t untuk mengetahui apakah dalam model regresi variabel independen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent. Penerapan reciprocal teaching dapat meningkatnya hasil belajar mahasiswa karena menjadikan mahasiswa lebih bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan. mahasiswa yang aktif dalam proses pembelajaran akan mampu meningkatkan penguasaan dan pemahaman pembelajaran. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Seila Rohmaniah Washul, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Almas Halawatal Imani, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia

 

 

Published
2023-05-25
How to Cite
Astuti, R., Washul, S. R., & Imani, A. H. (2023). Pengembangan Ketrampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Biologi Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching Pada Materi Enzim. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 17-25. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3121
Section
Articles