Penerapan Model Project Base Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Rigt Level Terhadap Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Tata Surya
Abstract
Penerapan model Project Base Learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan materi tata surya dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi awal penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kreativitas peserta didik dengan menggunkan model Project Base Learning dengan pendekatan berdiferensiasi berupa gaya belajar. Metode penelitian ini menggunkan penelitian tindakan kelas berupa perencanaa, pelaksanaan, dan refleksi. Penelitian Tindakan kelas dilakukan selama 2 siklus pembelajaran dengan subjek penelitian VII SMPN A Ngawi. Teknik pengumpulan data melalui cek list indikator kreativitas dari proyek yang telah dikerjakan. Hasil yang diperoleh selama siklus yaitu pada siklus 1 yang menunjukkan terdapat 65,4 dengan rincian 3 orang sangat kurang kreatif dan 12 anak dikategorikan kurang kreatif dan 17 orang dengan kategori kreatif. Untuk siklus 1I kreativitas peserta didik memilki rata-rata sebesar 86,7 yang dikatekorikan kreatif dengan rincian 4 orang dengan kategori kurang kreatif dan 28 orang dengan kategori kreatif.
Downloads
References
A. M. Made, A. Ambiyar, A. R. Riyanda, M. K. Sagala, Dan N. H. Adi, “Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Mesin,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., Vol. 4, No. 4, Hlm. 5162–5169, Jun 2022, Doi: 10.31004/Edukatif.V4i4.3128.
Agariadne Dwinggo Samala, Ambiyar Ambiyar, Nizwardi Jalinus, Ika Parma Dewi, Dan Yose Indarta, “Studi Teoretis Model Pembelajaran: 21st Century Learning Dan Tvet,” 2022, Doi: Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2535.
K. Khadiratul Dan N. Ngazizah, “Pembelajaran Berbasis Proyek ‘Snake And Leader’ Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V Sd Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019,” Proceeding 10th Univ. Res. Colloq. 2019 Bid. Pendidik. Hum. Dan Agama, Vol. 6nomor 2tahun 2022, Sep 2018.
Mubarokah, “Tantangan Implementasi Pendekatan Tarl (Teaching At The Right Level) Dalam Literasi Dasar Yang Inklusif Di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur”.
H. K. Dinantika, E. Suyanto, Dan I. D. P. Nyeneng, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan,” Titian Ilmu J. Ilm. Multi Sci., Vol. 11, No. 2, Hlm. 73–80, Jul 2019, Doi: 10.30599/Jti.V11i2.473.
D. A. Kifta, A. R. Riyanda, W. Simatupang, M. Muskhir, Dan D. Irfan, “Analysis Of The Effect Of Blended Learning Model On Employee Class Students Learning Motivation.,” J. Pendidik. Mipa, 2021, Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.23960/Jpmipa/V22i2.Pp226-234.
D. P. Hartono Dan S. Asiyah, “Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Geografi Di Universitas Pgri Palembang,” J. Swarnabhumi J. Geogr. Dan Pembelajaran Geogr., Vol. 4, No. 1, Apr 2019, Doi: 10.31851/Swarnabhumi.V4i1.2659.
I. Anugraheni, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar,” Refleksi Edutika J. Ilm. Kependidikan, Jun 2018, Doi: Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2351.
Ria Astuti Dan Thorik Aziz, “Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Di Tk Kanisius Sorowajan Yogyakarta,” J. Obsesi, 2019, Doi: 10.31004/Obsesi.V3i2.99.
Monawati Dan Fauzi, “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Prestasi Belajar Siswa,” J. Pesona Dasar, Vol. 6, Okt 2018.
Ayu Sri Wahyuni, “Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Ipa,” J. Pendidik. Mipa, Jun 2022, Doi: Https://Doi.Org/10.37630/Jpm.V12i2.562.
Aiman Faiz, Anis Pratama, Dan Imas Kurniawaty, “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1,” 2022, Doi: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2504.
Suwartiningsih, “Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas Ixb Semester Genap Smpn 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021,” J. Pendidik. Dan Pembelajaran Indones. Jppi, 2021, Doi: Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V1i2.39.
Desy Aprima Dan Sasmita Sari, “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika Sd,” Cendikia Media J. Ilm. Pendidik., Sep 2019.
Nurzaki Alhafiz, “Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru,” J. Cakrawala Ilm., Hlm. 2022-21–01.
Rahma Azzahrah Putri, Ina Magdalena, Ana Fauziah, Dan Fitri Nur Azizah, “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar,” Feb 2021.
Fitriani Kadir, Imam Permana, Dan Nurul Qalby, “Pengaruh Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Sma Pgri Maros,” Karst J. Pendidik. Fis. Dan Ter..
S. Kemmis, Robin Mctaggart, Dan Rhonda Nixon, “The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research,” 2014.
Richard Adony Natty, Firosalia Kristin, Dan Indri Anugraheni, “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, Vol. 3, 2019, Doi: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i4.262.
Rona Taula Sari Dan Siska Angreni, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa,” J. Varidika, 2018.
Bahrudin Bahrudin, Sholeh Hidayat, Dan Aan Hendrayana, “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dengan Memanfaatkan Tik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jtppm J. Teknol. Pendidik. Dan Pembelajaran Edutech Intructional Res., Nov 2018.
Copyright (c) 2024 Nining Tin Wahyuni, Wasilatul Murtafiah, Heny Rahma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.