Efektivitas Bahan Ajar Blended Learning Berbasis Multipel Representasi Untuk Meningkatkan Self Regulation Mahasiswa pada Materi Larutan Elektrolit Non-Elektrolit dan Sifat Koligatif Larutan
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar yang valid dan layak untuk meningkatkan self regulation mahasiswa, (2) mengetahui efektivitas bahan ajar yang dihasilkan dalam meningkatkan self regulation mahasiswa. Rancangan penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan Lee & Owens. Hasil pengembangan adalah bahan ajar blended learning pada materi larutan elektrolit non-elektrolit dan sifat koligatif larutan, pada mata kuliah Kimia Dasar II yang disajikan secara online pada laman Sipejar serta bahan ajar offline berupa Lembar Kerja Mahasiswa. Hasil uji validitas dan kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar hasil pengembangan valid dan layak untuk diaplikasikan dalam pembelajaran dengan tingkat kelayakan dari ahli dan dari mahasiswa sebesar 79 persen. Berdasarkan hasil uji efektivitas yang telah dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, dinyatakan bahwa hasil pengembangan efektif diaplikasikan pada pokok bahasan larutan elektrolit non-elektrolit dan sifat koligatif larutan. Peningkatan self regulation mahasiswa ditunjukkan dengan skor n-gain terhadap hasil angket Self Regulated Learning sebelum dan sesudah pembelajaran. skor n-gain tertinggi diperoleh yaitu sebesar 0,852 dan skor n-gain terendah diperoleh sebesar 0,027. Sehingga dapat diketahui bahwa 4 mahasiswa mengalami peningkatan self regulation yang tinggi, 13 mahasiswa mengalami peningkatan self regulation sedang dan 15 mahasiswa mengalami peningkatan SRL rendah.
Downloads
References
I. Sari, I. E. Wijayanti, dan N. Nidaurrohmah, “Kualitas bonbon bond sebagai media pembelajaran pada topik ikatan kimia [the quality of bonbon bond as a learning media for chemical bonding topics],” Polyglot J. Ilm., vol. 14, no. 2, hlm. 199–208, 2018.
S. Sunyono dan A. Meristin, “The Effect of Multiple Representation-Based Learning (MRL) to Increase Studentsâ€TM Understanding of Chemical Bonding Concepts,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 7, no. 4, hlm. 399–406, 2018.
N. S. Podolefsky dan N. D. Finkelstein, “Use of analogy in learning physics: The role of representations,” Phys. Rev. Spec. Top.-Phys. Educ. Res., vol. 2, no. 2, hlm. 020101, 2006.
M. Haris dan S. W. Al Idrus, “Analisis Kesulitan Belajar Ikatan Kimia Ditinjau Dari Kesalahan Konsep Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2007/2008,” J. Pijar MIPA, vol. 6, no. 2, 2011, Diakses: 3 Desember 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://jurnalfkip.unram.ac.id/index._php/JPM/article/view/127
R. T. Astuti dan H. Marzuki, “Analisis kesulitan pemahaman konsep pada materi titrasi asam basa siswa SMA,” Orbital J. Pendidik. Kim., vol. 1, no. 1, hlm. 22–27, 2017.
M. Mujakir, “Pemanfaatan Bahan Ajar Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Melatih Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Kimia Larutan,” Lantanida J., vol. 5, no. 2, hlm. 183–196, 2018.
W. S. E. Sinaga, Y. Yusnaidar, W. Syahri, dan M. Muhaimin, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Multipel Representasi pada Materi Kesetimbangan Kimia,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 17, no. 2, hlm. 81–91, 2023.
F. Rakhmalinda, “Identifikasi model mental berdasarkan tiga level representasi pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit,” B.S. thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017, 2017. Diakses: 3 Desember 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37054
T. R. I. Nurlianingsih, “Pengembangan Modul Berbasis Representasi Kimia Pada Materi Sifat Koligatif Larutan Non Elektrolit,” 2021, Diakses: 3 Desember 2024. [Daring]. Tersedia pada: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60154
G. M. T. Subekti dan R. Y. Kurniawan, “Pengaruh self regulated learning, self efficacy dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik smanisda,” J. Pendidik. Ekon. JURKAMI, vol. 7, no. 2, hlm. 108–121, 2022.
A. Ciptaningtyas, H. Pratiwi, dan Mardiyana, “The profile of students’ self-regulated learning at vocational high school,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1022, hlm. 012009, Mei 2018, doi: 10.1088/1742-6596/1022/1/012009.
Copyright (c) 2024 Rinda Angghita Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.