Perancangan Panduan Praktikum Larutan Berorientasi Pada Kemampuan Literasi Sains Untuk Pembelajaran IPA
Abstract
Praktikum pada umumnya dirancang secara khusus agar mahasiswa dapat melakukan eksperimen, kemampuan memecahkan masalah dengan pendekatan ilmiah. Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan praktikum pada mata kuliah larutan yang berorientasi pada literasi sains mahasiswa pendidikan IPA Universitas Bhinneka PGRI dan melihat kelayakan dan kepraktisan dari pengembangan panduan praktikum tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang diawali dengan studi pendahuluan dan sampai tahap uji terbatas untuk melihat kepraktisan sehingga menghasilkan produk panduan praktikum yang berorientasi pada kemampuan literasi sains. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas materi dan media untuk melihat kelayakannya, serta angket yang diberikan pada mahasiswa untuk melihat kepraktisan panduan praktikum. Didapatkan hasil uji validitas materi dengan presentase 91 persen yang menyakan sangat layak, validitas media menunjukkan presentase 88 persen dan menyakan sangat layak, serta uji kepraktisan media menjukkan presentase 82,67 persen yang merupakan kriteria sangat layak. Secara keseluruhan hasil pengembangan panduan praktikum ini dinyatakan sangat layak untuk tahap awal pengembangan panduan.
Downloads
References
J. B. Kelana dan D. F. Pratama, Bahan ajar IPA berbasis literasi sains. Bandung: Lekkas, 2019.
D. Aswita dkk., Pendidikan Literasi: Memenuhi Kecakapan Abad 21. Penerbit K-Media, 2022.
O. S. Agnesa dan F. Sari, “Pengembangan Modul Praktikum IPA Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Program Studi PGMI,” J. Basicedu, vol. 8, no. 1, hlm. 643–650, 2024.
S. Rohmawati, N. Ngazizah, dan E. S. Kurniawan, “Pengembangan Lembar Kerja Laboratorium Fisika Berbasis Literasi Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Purworejo Tahun Pelajaran 2014/2015,” Radiasi J. Berk. Pendidik. Fis., vol. 7, no. 2, hlm. 19–24, 2015.
M. Ulfah, M. B. Harahap, dan J. Rajagukguk, “The effect of scientific inquiry learning model for student’s science process skill and self efficacy in the static fluid subject,” dipresentasikan pada 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018), Atlantis Press, 2018, hlm. 446–449.
R. Syafi’ah, A. M. Laili, dan M. A. Wafa, “Pengembangan panduan praktikum kimia dasar berbasis salingtemas untuk mahasiswa S1 pendidikan IPA Universitas Bhinneka PGRI,” LENSA Lentera Sains J. Pendidik. IPA, vol. 11, no. 2, hlm. 73–82, 2021.
D. A. Fajarianingtyas dan J. N. Hidayat, “Pengembangan petunjuk praktikum berorientasi pemecahan masalah sebagai sarana berlatih keterampilan proses dan hasil belajar mahasiswa IPA Universitas Wiraraja,” J. Pendidik. Sains Indones. Indones. J. Sci. Educ., vol. 8, no. 2, hlm. 152–163, 2020.
P. Parmin, “Penerapan Critical Review Artikel Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Menyusun Proposal Skripsi,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 1, no. 2, hlm. 120316, 2012.
D. Setiyanti, U. Pratiwi, dan A. Ashari, “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Web Appgeyser Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Peningkatan Kemampuan Literasi Sains,” J. Inov. Pendidik. Sains JIPS, vol. 2, no. 2, hlm. 52–59, 2021.
I. K. Suparya, I. W. Suastra, dan I. B. P. Arnyana, “Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 9, no. 1, hlm. 153–166, 2022.
A. Asrizal, F. Festiyed, dan R. Sumarmin, “Analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar ipa terpadu bermuatan literasi era digital untuk pembelajaran siswa SMP kelas VIII,” J. Eksakta Pendidik. JEP, vol. 1, no. 1, hlm. 1–8, 2017.
H. P. Asmaningrum, I. Koirudin, dan K. Kamariah, “Pengembangan panduan praktikum kimia dasar terintegrasi etnokimia untuk mahasiswa,” JTK J. Tadris Kim., vol. 3, no. 2, hlm. 125–134, 2018.
V. Fitriani, “Analisis kebutuhan siswa terhadap panduan praktikum IPA berbasis problem based learning,” JEMST J. Educ. Math. Sci. Technol., vol. 2, no. 1, hlm. 10–15, 2019.
I. Kurniati, I. Dewi, dan H. Hasratuddin, “The Development of Student Worksheet Based on PISA to Improve Problem Solving Ability,” Am. J. Educ. Res., vol. 6, no. 11, hlm. 1581–1585, Des 2018, doi: 10.12691/education-6-11-18.
S. Putrawangsa dan U. Hasanah, “Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi,” EDUPEDIKA J. Studi Pendidik. Dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, hlm. 1–12, 2022.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D), 2010 ed. Bandung: Alfa Beta.
N. Fauziah, “Validitas penuntun praktikum biologi umum berbasis pendekatan saintifik untuk mahasiswa,” Indones. Biol. Teach., vol. 1, no. 2, hlm. 42–45, 2018.
M. Y. Moi dan F. A. Masing, “Pengembangan E-Modul Praktikum Mikrobiologi Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi,” J. Basicedu, vol. 7, no. 6, hlm. 3683–3691, 2023.
Copyright (c) 2024 Vindhy Dian Indah Pratika, Faudina Permatasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.