Pengembangan Media E-Learning dengan Schoology Berbasis Multirespresentasi Pada Peserta Didik

  • Ina Tri Monika Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Siska Desy Fatmaryanti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Arif Maftukhin Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
Keywords: Media, E-Learning, Schoology, Multirepresentasi

Abstract

Media pembelajaran menggunakan e-learning Schoology perlu dikembangkan dalam pembelajaran fisika sebagai alternatif media ajar secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning menggunakan Schoology berbasis multirepresentasi yang layak pada kategori valid untuk digunakan dalam pembelajaran fisika SMK. Metode pengembangan mengacu pada model pengembangan 4-D, yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) Define, (2) Design, (3) Develop, (4) Disseminate. Hasil validasi oleh para ahli pada produk media e-learning dengan Schoology diperoleh rerata skor 3,32 dan termasuk dalam kategori baik, validasi materi 3,22 yang masuk dalam kategori baik, validasi perangkat pembelajaran sebesar 3,31 dalam kategori baik, dan hasil lembar soal diperoleh skor 3,2 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil validasi masuk kedalam kategori ”baik” sehingga media pembelajaran e-learning dengan schoology pada pokok bahasan optik dan alat optik valid dan layak digunakan untuk pembelajaran fisika SMK kelas X.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-05-31
How to Cite
Monika, I. T., Fatmaryanti, S. D., & Maftukhin, A. (2022). Pengembangan Media E-Learning dengan Schoology Berbasis Multirespresentasi Pada Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 3(1), 9-15. https://doi.org/10.37729/jips.v3i1.686
Section
Articles