Analisis Praktik Kerja Industri dan Magang Industri Terhadap Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa besar program praktik kerja industri berpengaruh terhadap peningkatan soft skill; (2) seberapa besar magang industri berpengaruh terhadap peningkatan soft skill; (3) seberapa besar praktik kerja industri dan magang industri secara bersama-sama berpengaruh terhadap peningkatan softskill. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dan dilakukan pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dengan jumlah sampel sebanyak 64 Mahasiswa. Data pada penelitian ini diambil dengan menggunakan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linear sederhana dan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) praktik kerja industri tidak berpengaruh terhadap peningkatan softskill mahasiswa, (2) magang industri berpengaruh terhadap peningkatan softskill mahasiswa, dengan sumbangan sebesar sebesar 12,5 %, (3) praktik kerja industri tidak berpengaruh terhadap peningkatan softskill mahasiswa sehingga tidak dapat dilakukan pengujian korelasi ganda.
References
Azwar, E. (2019). Program Pengalaman Lapangan (Magang) terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi. Jurnal Penjaskesrek, 6(2), 211–221.
Eliyani, C. (2018). Peran Efikasi Diri Sebagai Variable Moderating Dari Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Terhadap Kesiapan Kerja. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 2(1), 23–41.
Fadhli, M., & Sahir, S. H. (2020). Keterampilan Manajerial Efektif. Yayasan Kita Menulis.
Jatmoko, D., Susanto, A., Purwoko, R. Y., Arifin, Z., & Purnawan, P. (2021). The Implementation of ARCS Learning Model to Improve Students Learning Activities and Outcomes in Vocational High School. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 137–144.
Jatmoko, D., Suyitno, S., Rasul, M. S., Nurtanto, M., Kholifah, N., Masek, A., & Nur, H. R. (2023). The Factors Influencing Digital Literacy Practice in Vocational Education: A Structural Equation Modeling Approach. European Journal of Educational Research, 12(2).
Sutrisno, B. (2017). Profil model pembelajaran soft-skill pada SMK bidang Ekonomi di Surakarta (Kajian aspek apa; mengapa; dan bagaimana). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 115–135.
Widarto Noto Widodo, P. (2012). Pengembangan model pembelajaran soft skills dan hard skills untuk siswa SMK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3.
Copyright (c) 2024 Tri Maryani, Dwi Jatmoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.