Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas X TKR SMK Negeri 4 Purworejo
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui tentang penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) peserta didik kelas X TKR pada mata diklat Dasar Program Otomotif di SMK Negeri 4 Purworejo 2) mengetahui peningkatan minat belajar peserta didik setelah menerapkan pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang diselesaikan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKR A SMK Negeri 4 Purworejo yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian ini berupa angket untuk mengetahui minat belajar peserta didik. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Kompetensi Dasar yang dipilih yaitu Dasar Program Otomotif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) pembelajaran Team Games Tournament (TGT) merupakan salah satu pembelajaran kooperatif yang melibatkan kerja sama tim/kelompok dengan mengutamakan penggunaan turnamen antar tim menggunakan permainan-permainan akademik dengan anggota 4-6 peserta didik untuk menyumbangkan poin atau skor bagi timnya 2) minat belajar peserta didik meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata observasi proses belajar dari pra siklus dengan persentase 50%, naik menjadi 65% pada siklus I dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 85%. Hasil angket minat belajar peserta didik juga mengalami peningkatan hal ini terbukti pada rata-rata minat belajar peserta didik pra siklus yaitu 69,72 dimana peserta didik yang tuntas adalah 19 peserta didik dengan persentase 52,77%. Pada siklus I diperoleh minat yang meningkat dengan rata-rata 77,38 dimana peserta didik yang tuntas adalah 24 peserta didik dengan persentase 66,66%. Pada siklus II semakin meningkat dengan rata-rata 80,76 dengan persentase ketuntasan menjadi 94,44%.
Copyright (c) 2024 Fandiaji Abdilah Akhmad, Widiyatmoko Widiyatmoko, Ashari Ashari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.