Analisis Tentang Pelaksanaan Magang Kependidikan Terhadap Kemampuan Pedagogi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif
Abstract
Magang merupakan kegiatan prakondisi dari sistem penyiapan guru professional. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan magang pendidikan terhadap kemampuan pedagogi mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo yang berjumlah 24 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, berupa angket tertutup. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik korelasi product moment, yaitu mengkorelasikan variabel bebas adalah pelaksanaan magang kependidikan (X), variable terikat adalah kemampuan pedagogi (Y) dan koofesien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelaksanaan magang kependidikan terhadap kemampuan pedagogi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogi mahasiswa dalam kategori tinggi hal ini dikarenakan pelaksanaan magang kependidikan mahasiswa dalam kategori baik. Dari 24 mahasiswa kemampuan pedagogi mahasiswa dalam kategori tinggi ada sebanyak 12 mahasiswa atau (50%), sedangkan kategori baik pada pelaksanaan magang pendidikan sebanyak 9 mahasiswa atau (38%). Pelaksanaan magang pendidikan berpengaruh terhadap kemampuan pedagogi, hal ini dapat dilihat dari analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung 0,877 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel product moment dengan N sebesar 24, pada taraf signifikan 5% sebesar 0,404 sehingga rhitung > rtabel : 0,877>0,404, sementara nilai sig. adalah 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh atau kontribusi pelaksanaan magang dapat meningkatkan kemampuan pedagogi mahasisawa sebesar 76,84%.
Copyright (c) 2024 Idris Defta Rahmani, Dwi Jatmoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.