Kefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Kerja Sama Kelas V SD

  • Anjas Wiharti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: Kerja sama, Kreativitas.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) keefektifan model pembelajaran berbasis
proyek pada peningkatan kreativitas peserta didik kelas V SD. (2) keefektifan model
pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan kerja sama peserta didik kelas V SD.
(3) keefektifan model pembelajaran berbasis proyek pada peningkatan kreativitas dan
kemampuan kerja sama peserta didik kelas V SD. Metode penelitian ini menggunakan
metode penelitian eksperimen semu. Penelitian eksperimen semu terdapat desain
penelitian. Di dalam desain penelitian terdapat dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas
kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pretest dan posttest grup design,
dalam penelitian ini kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Instrumen yang
digunakan dengan menggunakan lembar kerja siswa dengan penilaian pretest, posttest,
observasi kreativitas, dan angket kerja sama. Hasil penelitian (1) nilai kreativitas dengan
rerata pretes 63,5 dengan posttest 87,5, nilai kerja sama dengan rerata pretes 62,5 dengan
posttest 83,5 dan uji t dengan signifikasi (2-taild) sebesar 0,00 < 0,05, maka maka ditolak
dan diterima. Hal lain menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kreativitas atau kerja sama secara simultan terhadap peserta didik. (2) analisis uji f
menunjukan bahwa>yaitu 15,095 > 3,55 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara kreativitas dan kerja sama secara simultan terhadap peserta didik
dan sebaliknya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis
proyek efektif terhadap terhadap peningkatan kreativitas dan kemampuan kerja sama pada
mata materi ekosistem kelasV.

Published
2021-08-31
How to Cite
Wiharti, A., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2021). Kefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas dan Kerja Sama Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 27-32. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1637
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>