Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis

  • Wahyu Mei Lestari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Ashari Ashari Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: kemampuan berpikir kritis, motivasi belajar, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem
Based Learning untuk peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta
didik kelas V SD Negeri Gedong Kemiri tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas.Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas
V SD Negeri Gedong Kemiri tahun pelajaran 2020/2021, yang berjumlah 9 peserta
didik.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes,
wawancara, dan dokumentasi.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu
lembar observasi motivasi, tes, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran.Data yang
diperoleh dianalisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Hasil penelitian diperoleh
bahwa persentase rerata hasil observasi motivasi belajar peserta didik pada pra siklus sebesar
48,89% menjadi 74,82% pada siklus I dan 91,48% pada siklus II. Sedangkan kemampuan
berpikir kritis peserta didik diperoleh nilai rerata dari 55,33 pada pra siklus menjadi 64 pada
siklus I dan 76,89 pada siklus II dengan ketuntasan klasikal peserta didik dari 22,22% pada
pra siklus menjadi 55,56% pada siklus I dan 77,78% pada siklus II. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan
motivasi belajar peserta didik dan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD Negeri
Gedong Kemiri tahun pelajaran 2020/2021

Published
2021-08-31
How to Cite
Lestari, W. M., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Peningkatan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berfikir Kritis . Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 93-105. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1651
Section
Articles