UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN PADA MATA PELAJARAN PKN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas IV melalui model kooperatif tipe time token, dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat siswa pembelajaran meningkatkan keaktifan siswa dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa kelas IV melalui model kooperatif tipe time token. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) perencanaan; 2) pelaksanaan; 3) pengamatan; dan 4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ketawangrejo yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dperoleh bahwa: (1) Keaktifan siswa meningkat, pada pra siklus diperoleh rata-rata persentase sebesar 32%, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 50,5%, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,75%. (2) Kemampuan mengemukakan pendapat siswa meningkat, pada pra siklus rata-rata persentase sebesar 40,5%, pada siklus I diperoleh rata-rata persentase 65,34%, dan pada siklus II meningkat menjadi 83,83%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan mengemukakan pendapat siswa.