PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN GROGOLBENINGSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dalam peningkatan kreativitas siswa pada tema udara bersih bagi kesehatan di kelas V SDN Grogolbeningsari; 2) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada tema udara bersih bagi kesehatan di kelas V SDN Grogolbeningsari. Penelitian yang dilaksanakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. PTK yang telah dilakukan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Grogolbeningsari yang berjumlah 10 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Metode pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penerapan model mind mapping dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada tema Udara Bersih Bagi Kesehatan di kelas V SDN Grogolbeningsari yang dilakukan secara bertahap mulai dari: 1) menyampaikan tujuan pembelajaran, 2) menyajikan materi, 3) beberapa siswa menceritakan materi yang baru diterima, 4) seluruh siswa secara bergantian menyampaikan hasil diskusinya, 5) mengulangi atau menjelaskan kembali materi, dan 6) penarikan kesimpulan. Hasil observasi penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model mind mapping pada siklus I mendapatkan rata-rata persentase sebesar 70,83% dengan kategori baik, sedangkan rata-rata persentase yang didapatkan pada siklus II meningkat menjadi 95,83% dengan kategori sangat baik. Selain keterlaksanaan pembelajaran, juga diperoleh rata-rata persentase kreativitas belajar siswa pada siklus I sebesar 55,93% dengan kriteria kategori kurang kreatif, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,81% dengan kriteria cukup kreatif.