Pengembangan Metode Pangkas Uwan Berbasis HOTS pada Tema 7 Untuk Siswa Kelas IV SD

  • Fahniar Eka Noviyanti Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • S. Eko Putro Widoyoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Galih Yansaputra Universitas Muhammadiyah Purworejo
Keywords: tematik, metode pangkas uwan, pembelajaran berbasis hots

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Metode Pangkas Uwan
Berbasis HOTS pada tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku kelas IV SD. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define: Pendefinisian,
Design: Perancangan, Development: Pengembangan, dan Dissemiation: Desiminasi). Uji
coba dilakukan terhadap 2 SD kelas IV yaitu SD Negeri Kemanukan dan SD Negeri Piji
semester genap tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data
kualitatif dengan skala 4.Hasil validasi penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran
yang dikembangkan layak digunakan dengan memperoleh penilaian yang dilakukan oleh
validator ahli media rerata skor dari validasi media 3,50 dalam klasifikasi sangat baik.
Sedangkan penilaian yang dilakukan oleh validator materi memperoleh rerata skor dari 3,07
dalam klasifikasi baik. Hasil respon siswa terhadap metode pembelajaran yang dilakukan di
SD Negeri Kemanukan mendapat respon 50% dengan kriteria sangat baik dan 50% dengan
kriteria baik. Sedangkan hasil respon siswa terhadap metode yang dilakukan di SD Negeri
Piji mendapat respon 50% dengan kriteria sangat baik dan 50% dengan kriteria baik. Dengan
demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Pangkas Uwan Berbasis HOTS layak digunakan
pada tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku kelas IV SD

Published
2021-08-31
How to Cite
Noviyanti, F. E., Widoyoko, S. E. P., & Yansaputra, G. (2021). Pengembangan Metode Pangkas Uwan Berbasis HOTS pada Tema 7 Untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 64-69. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/1643
Section
Articles