DESAIN PEMBELAJARAN SOSIAL KOLABORATIF BERBASIS PROJEK MELALUI ASSURE MODEL
Abstract
Desain pembelajaran kolaboratif berbasis projek melalui assure model sesuai dengan program merdeka belajar pada bidang kewirausahaan. Desain pembelajaran kolaboratif berbasis projek diterapkan pada mata kuliah konsep IPS yang mengadaptasi, menyeleksi dan memodifikasi teori sosial ekonomi untuk menjawab permasalahan pengrajin anyaman bambu. Pendekatan penelitian campuran digunakan untuk mendeskripsikan langkah ASSURE model. Subyek penelitian merupakan mahasiswa PGSD semester dua, TA 2021/2022 dan masyarakat pengrajin anyaman bambu di Kudus. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara mengenai rancangan pembelajaran kolaboratif berbasis projek. Analisis data penelitian menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori sosial yang termuat dalam konten mata kuliah efektif untuk menyelesaikan fenomena sosial ekonomi masyarakat. Desain pembelajaran kolaboratif berbasis projek melalui assure model dilakukan dengan perancangan desain, validasi ahli pada kategori valid, pengamatan implementasi desain, respon guru dan siswa dalam kategori layak dan efektif. Hasil evaluasi pembelajaran berbasis projek menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa dalam pemecahan masalah dan unjuk kerja berdampak terhadap lingkungan ekonomi berbasis masyarakat.