Pendekatan STEAM Pada Project Based Learning Mewujudkan Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan Model PTK yang digunakan yaitu model spiral dari Kemmis dan MC Taggart, dengan prosedur penelitian yang terdiri dari 2 siklus dengan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kreativitas siswa serta guna mewujudkan merdeka belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VI SDN 101999 Silinda di semester genap 2021/2022. Seluruh populasi menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Materi yang digunakan yaitu KD 3.4 Mengidentifikasi komponenkomponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dan 4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel. Penelitian ini menggunakan pendekatan STEAM dalam PjBL untuk mewujudkan merdeka belajar. Pendekatan STEAM dimana pada proyek yang dikerjakan siswa menggunakan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering,Art, and Mathematics) pada metode Projek Based Learning(PjBL) dimana siswa bebas menentukan bentuk presentasi proyek yang dikerjakan. Proyek dapat berupa puisi, cerpen, poster, dan lainnya, sesuai dengan minat bakat dan potensi yang dimiliki siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip merdeka belajar yaitu siswa lahir dengan kosrat alam dan kodrat zamannya. Pada tahap prasiklus terdapat 9 siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan persentase sebesar 27% dari 33 siswa, pada siklus I terdapat 15 siswa memiliki kriteria kreativitas tinggi dengan persentase 45% dari 33 siswa, dan pada siklus II terdapat 24 siswa memiliki kreativitas tinggi dengan persentase 73% dari 33 siswa.