PENERAPAN MEDIA INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEKOLAH DASAR PADA ERA MERDEKA BELAJAR

  • Dewi Anggreini
  • Eko Priyojadmiko
Keywords: blok pecahan, materi pecahan, media inovatif, kertas lipat, papan pecahan.

Abstract

Perlunya peningkatan pengetahuan dan keahlian guru dalam berinovasi mengembangkan teknologi dan media pembelajaran merupakan sebuah tuntutan di era merdeka belajar. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan media pembelajaran inovatif pada pembelajaran matematika materi pecahan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode studi pustaka. Data primer didapatkan dari peneliti sendiri sedangkan data sekunder didapatkan dari jurnal penelitian, prosiding dan buku yang relevan. Dalam menganalisis data menggunakan analisis isi dengan melewati tahapan (1) Memahami kajian serta memilahnya sesuai dengan data yang relevan (2) Memahami abstrak untuk mengetahui keseluruhan gambaran kemudian dilakukan penilaian sesuai dengan objek kajian (3) Mengambil point penting sesuai tema penelitian. Hasil penelitian, media pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah siswa belajar materi pecahan diantaranya media kertas lipat, papan pecahan, blok pecahan, video animasi dan puzzle pecahan. Peran guru dalam menggunakan media inovatif sangat penting karena dapat membantu siswa dalam belajar materi pecahan sehingga pembelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Guru diharapkan bisa terus berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif di era merdeka belajar. Setelah memahami berbagai media inovatif, Guru dapat memperagakan penggunaan media tersebut saat mengajarkan materi pecahan di Sekolah dasar.

Published
2022-08-23
How to Cite
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). PENERAPAN MEDIA INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEKOLAH DASAR PADA ERA MERDEKA BELAJAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 82-93. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2241
Section
Articles