PENGEMBANGAN KARYA KEWIRAUSAHAAN MELALUI PROGRAMPEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR

  • Tri Andini Nurfadillah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Evi Lailawati Universitas PGRI Yogyakarta
  • Dwi Agung Yuliyantoit Universitas PGRI Yogyakarta
  • Pio Panasa Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: teori kognitif Piaget, metode pedagogis, wirausaha dan inovatif

Abstract

Jumlah pengusaha atau wiraswasta atau kewirausahaan Indonesia hanya 1,56%, tapi idealnya
adalah 2%. Berdasarkan data tersebut, perlu adanya mengembangkan Solusinyaadalah mengintegrasikan
pendidikan kewirausahaan ke sekolah dasar dalam bentuk muatan. Pendidikan kewirausahaan penting
untuk mempertimbangkan pembentukan kepribadian kewirausahaan harus didorong sejak dini agar dapat
berkembang lebih lanjutdi masa yang akan datang. Dalam pengembangannya, perlu mengandalkan teori
kognitifPiaget di mana siswa sekolah dasar mengalami tahap penerapan tertentu, yaitu pengembangan
Pendidikan kewirausahaan penuh dengan kegiatan nyata kehidupan nyata. diharapkan dapat menjadi
acuan bagi metode pedagogis. Kewirausahaan di sekolah dasar mempengaruhi pertumbuhan wirausaha
yang ada di Indonesia, khususnya pada anak usia dini di Sekolah Dasar. Berbagai kalangan mulai
membahas konsep kewirausahaan sosial sebagai solusi inovatif untuk memecahkan masalah sosial.
Tujuan dari kewirausahaan sosial adalah untuk mencapai perubahan sosial dan memecahkan masalah
sosial dengan cara yang lebih baik atau positif. di depan umum. Kewirausahaan menjadi orang yang
mengenali potensi dirinya dan belajar mengembangkannya sendiri peluang dan atur perusahaan untuk
mewujudkan impian.

Published
2022-08-23
How to Cite
Nurfadillah, T. A., Lailawati, E., Yuliyantoit, D. A., & Panasa, P. (2022). PENGEMBANGAN KARYA KEWIRAUSAHAAN MELALUI PROGRAMPEDULI LINGKUNGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 94-101. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2245
Section
Articles