PENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASISLITERASI INFORMASI DIGITAL PADA MAHASISWA PGSD STKIP KRISTENWAMENA

  • Maria Nanda Sitohang STKIP Kristen Wamena
  • Meta Br Ginting STKIP Kristen Wamena
  • Eliana Kilungga STKIP Kristen Wamena
Keywords: kompetensi dasar, metode demonstrasi dan literasi informasi digital

Abstract

Pendidikan akan berperan terhadap kemajuan suatu bangsa. Bangsa Indonesia sebagai
salah satu negara yang sedang berkembang terus berupaya untuk menata pendidikan agar bisa
bersaing dengan negara lain. Salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas
generasi penerus adalah menyesuaikan kebutuhan di dunia pendidikan melalui pengembangan
dan penyesuaian. Idealnya dengan upaya tersebut maka kualitas pendidikan di Indonesia sudah
bisa mapan sesuai yang diharapkan pemerintah. Namun pada kenyataannya, kualitas hasil
pendidikan bagi mahasiswa masih jauh dari yang diharapkan. Budaya masyarakat yang masih
belum membiasakan diri dengan literasi dinilai sebagai salah satu penyebab dari belum mampu
bersaingnya bangsa ini dengan bangsa lain. Majid (2013: 43) menyatakan, bahwa kompetensi
dasar adalah pengetahuan,keterampilan, dan sikap yang minimal harus dikuasai peserta didik
untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar kompetensi yang ditetapkan.
Kompetensi dasar dapat diartikan sebagai bentuk dari penguasaan pada peserta didik mengenai
pengetahuan, perilaku, sikap dan keterampilan saat proses pembelajaran di jenjangpendidikan.
Kompetensi dasar selalu dikembangkan menyesuaikan ketentuan karakteristik pada peserta
didik yang diatur dalam kompetensi inti yang sudah dirumuskan, untuk dipahami oleh
mahasiswa tentang kompetensi dasar yang dipelajari mereka. Pengertian metode demonstrasi
menurut Syah (2000:208) adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang,
kejadian, aturan dan urutan melakukan kegiatan, baik secara langsung maupun melalui
penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang
disajikan. Literasi informasi memiliki kaitan dengan teknologi informasi. Memiliki
keterampilan terhadap teknologi informasi memungkinkan seorang individu untuk mengakses
informasi menggunakan komputer, software aplikasi, database, dan teknologi lainnya.
Keterampilan dalam teknologi informasi akan mempengaruhi dan mendukung literasi
informasi. Literasi infomasi fokus pada konten, komunikasi, analisis, mencari informasi, dan
evaluasi, sedangkan teknologi informasi berfokus pada pemahaman yang mendalam mengenai
teknologi. Aktivitas dari literasi informasi akan lebih mudah dicapai dengan menggunakan
teknologi informasi (Anonim, 2000).

Published
2022-08-24
How to Cite
Sitohang, M. N., Ginting, M. B., & Kilungga, E. (2022). PENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA KOMPETENSI DASAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBASISLITERASI INFORMASI DIGITAL PADA MAHASISWA PGSD STKIP KRISTENWAMENA. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 101-106. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2257
Section
Articles