PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI KEGIATAN MENYANYI PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS 1 SDLB SLB MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan
mengenal warna melalui kegiatan menyanyi pada siswa tunagrahita sedang kelas I SDLB C1
SLB Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah delapan orang
siswa tunagrahita sedang kelas I terdiri dari 5 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, teknik tes dan dokumentasi. Hasil
penelitian tiap siklus mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata 87,5%
atau 7 anak yang mendapat nilai baik. Data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan mengenal warna pada siswa tunagrahita sedang kelas I di SDLB C1 SLB
Muhammadiyah Purworejo melalui kegiatan menyanyi lagu “Pelangi-Pelangi”.