LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD INKLUSI 03 BROSOT

  • Danuri Danuri Universitas PGRI Yogyakarta
  • Bella Friza Astari Universitas PGRI Yogyakarta
Keywords: ABK, Koneksi matematis, Literasi matematika, Sekolah inklusi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat literasi matematika dan koneksi matematis siswa ABK di sekolah inklusi, 2) faktor yang mempengaruhi tingkat literasi dan koneksi matematis siswa ABK di sekolah inklus, 3) hubungan kemampuan literasi dan koneksi matematis pada siswa ABK di sekolah inklusi 4) hambatan siswa dalam literasi matematika dan koneksi matematis siswa ABK di sekolah inklusi, 5) solusi yang diperlukan untuk kemampuan dan koneksi matematis pada siswa ABK di sekolah inklusi. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian meliputi tes, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilanjutkan dengan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) rendahnya tingkat literasi matematika dan koneksi matematis pada anak berkebutuhan khusus, hal ini dibuktikan dengan hasil tes literasi numerasi, 2) faktor yang mempengaruhi tingkat literasi matematika dan tingkat koneksi matematis pada siswa ABK yaitu faktor internal, eksternal, 3) hubungan antara literasi matematika dan koneksi matematis masih terbilang rendah karena kurangnya kemampuan siswa dalam mengaitkan konsep, prosedur dan ide, 4) hambatan siswa dalam literasi matematika dan koneksi matematis yaitu kurangnya pemahaman siswa dalam memahami materi serta mengaitkan konsep, prosedur serta rumus dalam menyelesaikan soal cerita, 5) solusi yang diberikan dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika dan koneksi matematis siswa ABK adalah : a) guru harus mampu mengaplikasikan fakta, konsep, dan prosedur matematika kepada siswa karena pentingnya penanaman konsep didalam literasi matematika dan koneksi matematis, b) guru harus mampu memahami karakteristik dan kepribadian siswa terutama siswa ABK, c) melakukan kegiatan literasi bersama sebelum jam pelajaran dimulai, d) guru mengikuti pelatihan tentang anak inklusi.

Published
2023-02-28
How to Cite
Danuri, D., & Astari, B. F. (2023). LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI KONEKSI MATEMATIS PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD INKLUSI 03 BROSOT. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 16-23. Retrieved from https://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2953
Section
Articles